Minggu, 05/05/2024 22:51 WIB

Facebook Digugat Atas `Kehilangan Kendali` Data Pengguna

Facebook mengatakan kepada BBC News bahwa

Facebook dituntut karena kehilangan kendali atas data sekitar satu juta pengguna di Inggris dan Wales. (Foto: BBC News)

Jurnas.com - Dugaan kegagalan terungkap dalam skandal Cambridge Analytica, di mana data yang diambil digunakan untuk iklan selama pemilu.

Jurnalis Peter Jukes, yang memimpin aksi tersebut, mengklaim bahwa datanya telah disusupi.

Facebook mengatakan kepada BBC News bahwa "tidak ada bukti" data pengguna Inggris atau UE telah ditransfer ke Cambridge Analytica.

Namun kasus terhadap raksasa teknologi tersebut, yang diperkirakan akan berlangsung setidaknya selama tiga tahun, akan memperdebatkan "hilangnya kendali" atas data pribadi pengguna yang membutuhkan kompensasi individu.

Pengambilan informasi pribadi pengguna Facebook oleh aplikasi pihak ketiga menjadi inti dari skandal privasi Cambridge Analytica, yang terungkap pada tahun 2018.

Aplikasi Cambridge Analytica di Facebook telah mengumpulkan data orang yang berinteraksi dengannya - dan data teman yang tidak memberikan persetujuan.

Dan kasus ini diwakili oleh firma hukum Hausfield "atas nama teman-teman Facebook itu".

Mr Jukes mengatakan dia ingin memastikan situasi tidak bisa muncul lagi.

Tindakan tersebut meminta ganti rugi dari Facebook karena gagal mematuhi Data Protection Act 1998.

Seorang juru bicara Facebook mengatakan: "Investigasi Kantor Komisaris Informasi atas masalah ini, termasuk penyitaan dan interogasi server Cambridge Analytica, tidak menemukan bukti bahwa data pengguna Inggris atau UE ditransfer oleh (pengembang aplikasi) Dr (Aleksandr) Kogan ke Cambridge Analytica . "

Namun Jukes mengatakan kepada BBC News bahwa ini bukan tentang "ke mana perginya datanya", melainkan "Facebook tidak peduli".

"Mereka tidak menjaganya," katanya.

KEYWORD :

Facebook Data Cambridge Analytica Jukes




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :