Jum'at, 26/04/2024 17:32 WIB

Motor

Mengulik Perfoma Busi MR9C-9N Pada Motor Honda

Teknologi ESP atau Enhance Smart Power yang diklaim menghasilkan perfoma tinggi, terdapat kontribusi komponen busi NGK MR9C-9N. Seperti apa proses kinerjanya? Simak ulasan berikut.

Teknologi ESP atau Enhance Smart Power / AHM

Jakarta – Siapa yang tak kenal dengan teknologi ESP atau Enhance Smart Power besutan Honda Motor yang kini digunakan pada semua varian skutik Honda.

Teknologi tersebut merupakan inovasi mesin terbaru Honda Motor melalui aplikasi ACG dan ISS guna menghasilkan perfoma tinggi dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan ramah lingkungan.

Untuk mesin berkapasitas 110 cc, teknologi ini diklaim mampu menyumbang efisiensi bahan bakar sebesar 7% dari versi Non ISS dan mampu melesat hingga 100 km/jam.

Jika lihat dari segi komponennya, teknologi Honda ESP terbaru ini salah satunya berkat kontribusi komponen kecil, yaitu busi NGK MR9C-9N, yang di sematkan ke dalam ruang bakar. Teknologi terbaru dari NGK ini dibuat khusus untuk menyesuaikan permintaan teknologi dari Honda yang ramah lingkungan.

“Konsen improvement yang dilakukan adalah dengan meningkatkan efek erosi sebesar 40% pada elektroda dan diharapkan mampu bertahan pada efek oksidasi yang diakibatkan dari proses pembakaran,” demikian bunyi pernyataan resmi PT NGK Busi Indonesia.

Busi MR9C-9N merupakan generasi tanyar dari tipe sebelumnya, yaitu CPR9EA-9 dengan beberapa improvement yang disematkan kepada busi tersebut.

Berikut beberapa perubahan yang dilakukan pada Busi MR9C-9N:

  1. Material Bahan Penyusun

Pada tipe busi CPR9EA-9, nikel yang digunakan adalah nikel berjenis standard sehingga durability yang tercapai tidak sebaik MR9C-9N. Nikel jenis baru ini mengalami sedikit mengalami perubahan dengan memperkecil diameter. Harapannya proses transfer kelistrikan antar elektroda bisa lebih fokus dan proses pengapian lebih sempurna.

  1. Penampang elektroda

Busi MR9C-9N memiliki elektroda ground yang bersudut, dengan bentuk semi silindris dibandingkan dengan tipe sebelumnya, yaitu berbentuk kotak.

Perubahan bentuk ini berdampak pada proses pressure atau tekanan yang terjadi saat busi mengeluarkan percikan api di antara kedua elektroda, sehingga api yang dihasilkan lebih efektif dalam proses penyebarannya.

Busi terbaru dari NGK yang digunakan Honda pada tipe ESP ini menjadi alternatif pilihan sebagai pengganti busi CPR9EA-9, yang tetap mengedepankan teknologi ramah lingkungan, menaikkan efisiensi pembakaran serta meningkatkan responsif akselarasi dalam berkendara.

Selain pada motor Honda Vario dan Beat, busi MR9C-9N ini juga sudah disematkan langsung dari pabrik pada sebagian varian motor Honda lainnya seperti CBR 150 dan Scoopy. [rafa]

 

 

 

 

 

 

KEYWORD :

Busi NGK Busi Motor Honda Motor NGK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :