Jum'at, 10/05/2024 06:30 WIB

Pasar Jaya Gembrong Baru Fasilitasi Para Pedagang Ikan Cupang

Para tim penyelenggara pameran dan bazaar ikan cupang

Jakarta, Jurnas.com - Selama pandemi, banyak orang membuat kegiatan yang tidak membosankan di rumah, baik itu olahraga ataupun yang lagi viral saat ini. Salah satu aktifitas yang dilakukan banyak orang di rumah di masa pandemi Covid-19 adalah memilihara ikan Cupang. Melihat peluang tersebut, sebuah pusat perbelanjaan ibukota PD Pasar Jaya Gembrong Baru mengadakan Pameran dan Bazaar Cupang yang diselenggarakan sejak tanggal 30 Oktober hingga 30 Nopember 2020.

Kader Tarigan, Kepala Pasar Cipinang Besar Selatan mengatakan dirinya mengapresiasi dengan adanya pameran dan bazaar Cupang di Gembrong Baru.

"Saya mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini. Dan tak lupa juga mengikuti protokol kesehatan yakni memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan. Saya tidak ingin ada klaster baru Covid-19 di Gembrong Baru ini," kata Tarigan.

Sementara itu, Pimpinan Manajemen Pasar Seni Gembrong Cipinang Besar, Immanuel Prabowo mengungkapkan pameran dan bazar Cupang diadakan atas permintaan masyarakat yang ingin membeli.dan mengkoleksi atau sekedar melihat Cupang serta sebagai wadah bagi penjuai dan komunitas Cupang untuk menjual atau bertemu sesama komunitas Cupang lainnya.

Menurutnya, event ini terselenggara atas kerjasama dengan komunitas Jakarta Cupang Project Community” (JCP) yang berisi ratusan penghobi dan penjual Cupang.

"Ada permintaan dan ada barang. Kami hanya sebagai wadah atau tempat saja. Awalnya kami buka 25 stan, karena banyaknya permintaan dari para pedagang maka kami sampai saat ini sudah terisi sekitar 100 stan. Total stand atau kios di Gembrong Baru ini ada sekitar 300, dimana sudah diisi sekitar 100 dari aneka pedagang seperti pedagang mainan anak, pedagang seni lukis, pedagang barang antik, cafe and resto, dan lain sebagainya," ungkap Immanuel Prabowo yang akrab disapa Manu.

Ia berharap melalui pameran Cupang, tempat pasar yang dipimpinnya ini menjadi ramai sehingga akan menambah pemasukan pedagang sekitarnya dari pengunjung yang hadir.

"Semenjak pandemi Covid-19 pengunjung sangat berkurang yang berdampak pada pemasukan para pedagang disini. Semoga pameran dan Bazaar Cupang ini membuat pasar lebih maju lagi dan sebagai tempat wisata. Kami tidak memberi target penjualan dan tidak mengkenakan pajak penjualan Cupang yang dibeli masyarakat," kata Manu.

Ditambahkan oleh Prihadi Saputra selaku ketua Jakarta Cupang Project Community” (JCP) bahwa pameran dan bazaar Cupang menampilkan aneka ragam ikan Cupang dengan corak dan jenis dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara.

Selain itu, untuk menambah animo masyarakat datang, pihak penyelenggara juga mengadakan lelang Cupang dan doorprize diiringi live musik serta tersedia kuliner dan kopi di cafe and resto sebagai tempat transaksi Cupang.

"Harga Cupang mulai dari Rp 20ribu hingga jutaan rupiah. Di event sudah banyak yang laku, diantaranya Cupang jenis Avatar Super Gold laku Rp 1,8juta. Harga Cupang jenis Avatar Gold ini berkisar Rp2juta sampai Rp9juta," ungkap Prihadi.

Ia menjelaskan beberapa jenis Cupang yang ada di.event ini antara lain Cupang Serit, Halfmoon, Cupang Sawah, Cupang Sawah, Cupang Aduan Plakat, Cupang Fancy, Cupang Surga, Cupang Emas, Cupang Slayer, dan lain-lain.

"Biasanya para kolektor untuk mendapat Cupang bagus itu dengan mengawinkan Cupang jenis berbeda agar bibitnya bisa memiliki warna dan sirip berbeda. Makin cantik warnanya dan siripnya bagus maka makin mahal pula harganya," jelasnya.

Prihadi menuturkan pihaknya juga mengadakan lomba kontes kecantikan Cupang.

"Penilaian kami berpatokan umum-umum saja seperti melihat dari warnanya dan siripnya indah. Untuk Cupang jenis Plakat buntutnya pendek," tuturnya. ***

KEYWORD :

Pasar Jaya Gembrong Baru Bazaar Ikan Cupang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :