Kamis, 02/05/2024 06:27 WIB

Pilkada DKI Jakarta

Meski Merosot, Elektabilitas Ahok-Djarot Masih Tertinggi

Meski mengalami penurunan, tingkat elektabilitas pasangan petahana Ahok-Djarot masih tertinggi dibanding dua kandidat pesaingnya.

Pasangan Cagub dan Cawagub DKI Jakarta

Jakarta - Meski mengalami penurunan, tingkat elektabilitas pasangan petahana Ahok-Djarot masih tertinggi dibanding dua kandidat pesaingnya.

Berdasarkan hasil survei yang dirilis Populi Center, jika Pilkada dilakukan hari ini dan pesertanya ada tiga pasangan calon, siapa yang Anda pilih? Hasilnya adalah Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat 45,5 persen.

"Sedangkan Anies Baswedan-Sandiaga Uno 23,5 persen, Agus Yudhoyono-Sylviana Murni 15,8 persen, belum memutuskan 12,5 persen, dan tidak jawab 2,7 persen," kata Peneliti Populi Center Nona Evita, dalam konferensi pers di Kantor Populi Center, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (6/9).

Selain tingkat elektabilitas yang terus merosot, tingkat kepuasan warga DKI atas kinerja pasangan Ahok-Djarot juga mengalami penurunan selama bulan September kemarin.

Pada bulan Agustus sebelumnya tingkat kepuasan warga atas kinerja Ahok-Djarot berada di posisi 84,7 persen, pada September turun menjadi 81,4 persen.

"Meskipun mengalami penurunan, penurunannya masih relatif stabil," kata Nona.

Survei ini dilakukan pada tanggal 25 September-1 Oktober 2016 dengan sampel 600 responden menggunakan multistage random sampling. Margin of error +/- 4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden dipilih secara bertingkat, dengan wawancara tatap muka di 120 RT, di 60 kelurahan di enam wilayah DKI Jakarta. Untuk menjamin distribusi sampel yang memadai, setiap kelurahan terpilih, dialokasikan 10 responden dari dua RT.

KEYWORD :

Pilkada DKI Jakarta Pilgub DKI Jakarta Ahok-Djarot Agus-Sylvi Anies-Sandi Jurnas.com




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :