Rabu, 17/04/2024 03:00 WIB

SPKS Terbentuk di Kalimantan Tengah

Kepala dinas tanaman pangan, pertanian dan perkebunan kabupaten kotawaringin Barat, Kamaludin Bustami menyatakan  mendukung pendirian SPKS di kabupaten Kotawaringin Barat.

Serikat Petani Kelapa Sawit dibentuk di Kalimantan Tengah

Jurnas.com, Kalteng-  Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) dideklarasikan oleh petani kelapa sawit dari dua kabupaten kotawaringin barat dan kabupaten seruyan, Minggu (27/9).

Deklarasi ini dhadiri dinas perkebunan dan Sekjen SPKS Nasional Mansuetus Darto, serta Yayasan Inovasi Bumi di Kabupaten Kotawaringin Barat. Dengan begitu, SPKS hadir di Provinsi Kalimantan tengah. 

Mansuetus Darto menuturkan, SPKS akan menjadi mitra strategis bagi pemerintah kabupaten untuk mendukung inisiatif kabupaten dalam membangun sertifikasi jurisdiksi.

Hal itu dapat dilakukan melalui pelatihan bagi petani, pembangun kelembagaan tani dan pemetaan serta fasilitasi legalitas kebun petani.

"Masalah petani sawit di Kalimantan Tengah, hampir sama dengan petani sawit di semua kabupaten, dimana masih miskin dan peroleh harga sawit yang rendah dari harga ketetapan pemerintah," ujar Darto.

Selain itu, ada juga masalah petani sawit dalam hutan produksi. Ini merupakan tantangan bagi kabupaten dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Kepala dinas tanaman pangan, pertanian dan perkebunan kabupaten kotawaringin Barat, Kamaludin Bustami menyatakan  mendukung pendirian SPKS di kabupaten Kotawaringin Barat.

"SPKS kami sudah masukkan dalam working group setifikasi kelapa sawit berbasis Jurisdiksi dan sudah dibuatkan surat keputusan oleh Bupati Kotawaringin barat," ujar Kamaludin.

Dalam deklarasi ini, terpilih bapak Jaka Suherman dan Seruyan bapak Arif Mansyur Rosyadi melalui musyawarah petani kelapa sawit di masing-masing kabupaten dan di lantik oleh Sekjen SPKS Nasional dalam deklarasi.

Kedua pimpinan SPKS kabupaten ini akan memperjuangkan visi kesejahteraan dan keberlanjutan sebagaimana yang diharapkan oleh semua petani kelapa sawit dan pemerintah.

"Dengan hadirnya SPKS di Kalimantan tengah, diharapkan petani kelapa sawit dapat terorganisir secara baik dan menjadi representasi petani kelapa sawit dalam pembangunan Kabupaten Berkelanjutan melalui pendekatan sertifikasi jurisdiksi," ujar  Fadly Fadilah, Perwakilan Yayasan Inobu yang merupakan mitra SPKS untuk mendukung pemberdayaan petani di kabupaten Seruyan dan Kabupaten Kotawaringin Barat.

KEYWORD :

Serikat sawit Mansuetus Darto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :