Rabu, 08/05/2024 00:42 WIB

Arab Saudi Tutup Sementara Area Mataf

Pengosongan di area Mataf di depan Ka`bah pada hari Kamis dilakukan seusai salat Ashar

Ilustrasi Haji dan Umrah

Makkah, Jurnas.com - Kerajaan Arab Saudi mengosongkan untuk sementara area Mataf atau tempat tawaf pada Kamis (5/3) waktu setempat. Area ini dikosongkan untuk disterilisasi sebagai bagian pencegahan virus corona.

Langkah ini diambil oleh Kerajaan Arab Saudi juga bertujuan upaya pembersihan juga untuk memastikan keselamatan para jemaah.

Area Masa (area sa`i antara Safa dan Marwah) dan akses untuk mengambil air zam-zam juga ditutup sementara. Adapun ibadah hanya bisa dilakukan di dalam Masjidil Haram.

Kebijakan ini berlaku selama masa penghentian sementara umrah bagi jemaah dari luar negeri maupun domestik.

Saudi Gaezette melaporkan, aktivitas jemaah di Masjidil Haram hanya bisa dilakukan maksimal 1 jam setelah salat Isya. Sebab, pemerintah Saudi juga berencana menutup sementara Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah satu jam setelah salat Isya untuk dibersihkan dan disterilisasi.

Kedua masjid itu akan dibuka kembali 1 jam sebelum salat Subuh.

Di Madinah, pemerintah Saudi juga menutup area Raudhah di Masjid Nabawi. Di samping Raudhah terdapat lokasi makam Nabi Muhammad SAW dan dua sahabatnya yakni Abu Bakar Siddiq serta Umar bin Khatab.

Pengosongan di area Mataf di depan Ka`bah pada hari Kamis dilakukan seusai salat Ashar. Para jemaah diminta meninggalkan Mataf dan melanjutkan tawaf di lantai 1 dan 2 Mataf.

Pengosongan ini merupakan sebuah kebijakan langka di Arab Saudi. Foto area Mataf yang kosong berseliweran di media sosial. Netizen merasa sedih dengan suasana kosong ini, tapi juga memahami hal ini demi keselamatan jemaah.

KEYWORD :

Arab Saudi Umrah Mataf Ka`bah Haji




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :