Senin, 29/04/2024 16:54 WIB

Megawati Ungkap Betapa Vitalnya Peranan Sekretaris Partai

Sekretaris harus banyak membaca dan menulis dan wajib baca dan tahu isi AD/ART partai

Megawati dalam Beijing Agricultural Expo 2019

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mengharapkan sekretaris partai harus kreatif, terampil, teliti dan dengan mudah dapat mengatur dan menerangkan agenda-agenda.

"Sekretaris itu harus detail dalam pekerjaannya. Dan sekretaris itu urat nadi partai," ujar Megawati saat memberikan pengarahan di Sekolah Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP seluruh Indonesia di Bogor, Selasa (15/10).

Bersama Megawati, hadir Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, serta para Ketua DPP seperti Djarot Saiful Hidajat, Eriko Sotarduga, Sri Rahayu dan Nusyirwan Soedjono.

Kata Megawati, sekretaris juga harus bisa menjaga rahasia partai. Presiden ke-5 RI ini pun banyak memberi contoh ringan namun mengena yang memancing tawa para peserta.

"Sekretaris harus banyak membaca dan menulis dan wajib baca dan tahu isi AD/ART partai," jelasnya.

Bagi Megawati, di antara peran ketua, posisi sekretaris dan bendahara sangat vital, dan tugas sekretaris adalah menjalankan roda organisasi partai.

"Mengurus organisasi politik itu tidak gampang lo," tegas Megawati.

Dia pun memberi gambaran tugas sekretaris yang ringan namun menjadi masalah karena tidak memperhatikan detail. Dicontohkan, saat dirinya menerima surat partai dari daerah yang masih sering tidak seragam stempelnya.

"Stempel harusnya sama. Lha ini ada stempel banteng yang kurus padahal banteng kita itu kan gemuk," gurau Megawati yang sontak membuat seluruh peserta Sekolah Sekretaris tertawa.

Di tempat yang sama, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut pelatihan Sekolah Sekretaris dilaksanakan sesuai instruksi Megawati.

"Pelatihan bersama para sekretaris ini menjadi milestone menjelang peluncuran sistem informasi kepartaian. PDIP ingin bergerak bersama menjalankan tugas partai yang tidak ringan," kata Hasto.

KEYWORD :

Sekretaris Partai Megawati Soekarnoputri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :