Kamis, 09/05/2024 11:52 WIB

Pendiri WikiLeaks Diusir di London

Sebelumnya dia dicari oleh kejaksaan Swedia karena diduga melakukan berbagai pelanggaran seksual.

Pendiri Wikileaks, Julian Assange

London, Jurnas.com – WikiLeaks mengataka, pendirinya yang kontroversial, Julian Assange, akan diusir dari Kedutaan Besar Ekuador di London, yang telah menjadi rumahnya selama hampir enam tahun.

"Sumber tingkat tinggi di Ekuador mengatakan kepada WikiLeaks bahwa Julian Assange akan dikeluarkan dalam hitungan jam sampai hari dengan menggunakan skandal lepas pantai INAPapers sebagai alasan," tulis Wikileaks di akun Twitter-nya, Jumat (5/4).

Media pembongkar dokumen rahasia itu juga mengatakan bahwa Ekuador telah membuat perjanjian dengan Inggris untuk penangkapannya.

Assange akan ditangkap jika dia keluar, karena surat perintah penangkapan Polisi Metropolitan masih berlaku setelah Assange kabur menyusul pembebasannya dengan Jaminan pada 2010.

Dia telah bersembunyi di Kedutaan Besar Ekuador yang berlokasi di Knightsbridge, London, selama hampir enam tahun setelah mendapatkan suaka diplomatik pada Juni 2012

Sebelumnya dia dicari oleh kejaksaan Swedia karena diduga melakukan berbagai pelanggaran seksual.

Swedia telah mencabut dakwaan terhadap Assange, tetapi dia tetap tinggal di kedutaan karena takut diekstradisi ke Amerika Serikat atas tuduhan merilis dokumen rahasia pemerintah melalui WikiLeaks. (Anadolu)

KEYWORD :

WikiLeaks Julian Assange




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :