Minggu, 28/04/2024 18:08 WIB

Arab Saudi Dukung Tindakan Keras Beijing terhadap Muslim Uighur

Dukungan itu disebut bentuk perlindungan terhadap tindakan keras Beijing terhadap minoritas Muslim Uighur.

Presiden China, Xi Jinping dan Putra Mahkota Arab Saudi, Mahkota Mohamed bin Salman (Foto: Xinhua via AP/ Liu Weibing)

Beijing, Jurnas.com - Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS) mendukung langkah anti terorisme dan de ekstremisme China.

Sayangnya, dukungan itu menuai kecaman dari para aktivis yang percaya Putra Mahkota memberi perlindungan terhadap tindakan keras Beijing terhadap minoritas Muslim Uighur.

Pangeran Mohammed membuat mengatakan pernyataan iti kepada Presiden China, Xi Jinping, selama kunjungan ke Beijing, bagian terakhir dari tamasya Asia yang mencakup Pakistan dan India.

Kantor berita resmi Xinhua, mengatakan, dalam pertemuan itu, MBS memuji hubungan dengan China sebagai bebas masalah. Sementara Xi mendesak upaya bersama untuk melawan ekstremisme dan teror.

Xi mengatakan kepada putra mahkota, kedua negara harus memperkuat kerja sama internasional tentang deradikalisasi untuk mencegah infiltrasi dan penyebaran pemikiran ekstremis.

Putra Mahkota mengatakan, Arab Saudi menghormati dan mendukung hak China untuk melindungi keamanannya sendiri dan melakukan langkah kontra-terorisme dan deradikalisasi.

Paman Sam juga menyatakan bersedia meningkatkan kerja sama dengan Negeri Tirai Bambu.

"China memiliki hak untuk mengambil langkah-langkah anti-terorisme dan ekstremisme untuk menjaga keamanan nasional," kata MBS seperti dikutip oleh CCTV milik negara.

"Arab Saudi menghormati dan mendukungnya dan bersedia memperkuat kerja sama dengan China," tambahnya.

KEYWORD :

Arab Saudi Mohammed bin Salman China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :