Kamis, 02/05/2024 05:26 WIB

Dirjen PPMD Kemendes PDTT Kagumi Wisata Cibulan

Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Taufik Madjid melakukan kunjungan peninjauan ke lokasi wisata Cibulan, Kuningan, Jawa Barat pada Kamis (31/5)

Dirjen PPMD Kementerian Desa PDTT Taufik Madjid

Kuningan - Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Taufik Madjid melakukan kunjungan peninjauan ke lokasi wisata Cibulan, Kuningan, Jawa Barat pada Kamis (31/5).

Disela-sela peninjaunnya, Taufik menyampaikan bahwa objek wisata cibulan memiliki daya tarik akan nilai sejarah dan keasrian alam pedesaan. Diantara keunggulan wisata cibulan, Taufik menyebutkan terdapat Ikan Dewa dan 7 Sumur keramat peninggalan Prabu Siliwangi.

"Kami merasa takjub pertama kali datang di Kuningan dan langsung datang di objek wisata Cibulan. luar biasa hebat kemandirian masyarakat desanya dalam membangun potensi desa berdasarkan kepercayaan masyarakat setempat atas peninggalan sejarah," katanya

Kekaguman Taufik Madjid bukan hanya karena penampakan fisik pembangunan objek wisata Cibulan, melainkan pencapaian pendapatan dari wisata Cibulan yang mencapai Rp1,5 miliar lebih. Dengan begitu, pihaknya sebagai pejabat yang duduk di pemerintahan pusat secara tegas mendukung dan mensupport masyarakat desa dan pengelola pihak swasta yang selama ini mengembangkan objek wisata Cibulan.

"Ini Ponggok (wisata di Klaten) kedua, yang mana pengembangan destinasi wisata dikombinasikan dengan pemeliharaan terhadap aset-aset desa. Ini luar biasa, karena yang disetor ke desa sebagai pendapatan desa itu Rp1,4 miliar pertahun, berarti pendapatannya lebih dari Rp1,4 milir. Nah ini yang harus disampaikan untuk bisa menggerakan roda perekonomian yang ada di desa," katanya.

KEYWORD :

Info Kemendes Ditjen PPMD




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :