Minggu, 19/05/2024 05:54 WIB

Merah Putih Sentuhan Batik di Opening Asian Games

Seperti apa uniform defile para atlet yang akan mengisi acara opening Asian Games 2018 mendatang?

Model seragam yang akan dikenakan para atlet saat opening ceremonial Asian Games 2018.

Jakarta - Pesta olahraga Asia terbesar tahun 2018 tinggal hitungan hari lagi. Rangkaian persiapan semakin matang dilakukan termasuk pada saat opening event yang berlokasi di Jakarta dan Palembang ini. Salah satunya dengan menggandeng banyak pihak.

Brand apparel produksi PT DELAMIBRANDS Kharisma Busana THE EXECUTIVE resmi menjadi official partner dari Tim Indonesia untuk mendukung kiprah para atlet nasional yang akan berlaga di Asian Games.

Brand THE EXECUTIVE dipercaya Tim Indonesia untuk membuat design dan memproduksi uniform defile (seragam) yang dikenakan oleh para atlet Indonesia dalam acara seremoni pembukaan dan penutupan Asian Games.

Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan dukungan penuh bagi seluruh atlet nasional yang akan berjuang dalam kompetisi olahraga bergengsi tingkat Asia ini untuk mengukir prestasi yang membanggakan.

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 Erick Thohir menjelaskan Tim Indonesia mendukung setiap perjuangan para atlet Indonesia dan membangkitkan kebanggaan masyarakat terhadap prestasi industri olahraga Indonesia.

"Kerjasama ini menjadi sangat strategis karena Asian Games adalah momen yang tepat untuk menghimpun dukungan dan apresiasi dari segenap elemen masyarakat," ucap Erick di Jakarta, Kamis (25/7).

General Manager Brand THE EXECUTIVE Rita Zulkaidarati mengatakan pihaknya bertekad menanamkan semangat patriotisme dan nasionalisme di kalangan generasi penerus sebagai calon juara di masa depan.

"Upaya menggaungkan spirit tersebut, antara lain melalui uniform defile (seragam) atlet Tim Indonesia dengan tema merah dan putih. Perpaduan dua warna tersebut merupakan identitas bendera negara Indonesia atau dikenal Sang Saka Merah Putih (Sang Dwiwarna)," papar Rita.

Warna merah melambangkan keberanian, sedangkan warna putih melambangkan kesucian. Warna merah dan putih pun memiliki makna filosofis, di mana merah sebagai simbol raga manusia, sedangkan putih sebagai simbol jiwa manusia. Kedua warna saling melengkapi dan menyempurnakan jiwa dan raga manusia untuk membangun Indonesia seutuhnya.

"Tak luput diberi elemen budaya nasional yang menjadi kebanggaan Indonesia, yaitu kain Nusantara berupa motif batik Parang, salah satu motif batik tertua di Indonesia. Motif Parang sebagai lambang semangat yang tak pernah padam dan pantang menyerah," jelas Rita.

KEYWORD :

Asian Games




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :