Minggu, 28/04/2024 14:36 WIB

Panen Pedet di Lampung, Amran Optimis Swasembada Daging Sapi 2023

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman panen pedet hasil Inseminasi Buatan (IB) yang dilakukan oleh masyarakat Lampung Selatan (Foto: Humastan)

Lampung -  Pedet-pedet (Anak sapi, Red) hasil Inseminasi Buatan IB sebanyak 2.000 ekor di Lampung Selatan merupakan jaminan untuk menunjukan bahwa Indonesia mampu secara terus-menerus berkelanjutan menghasilkan ternak sapi. 

Begitu kata Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman saat menghadiri acara Panen Pedet hasil IB yang dilakukan oleh masyarakat Lampung Selatan, Kamis (29/3)

"Saya sangat gembira sekali atas capaian yang telah dihasilkan dalam Program Upsus Siwab yang realisasi dengan sangat baik yaitu Inseminasi Buatan (IB), Pemeriksaan Kebuntingan (PKB) dan Asuransi Ternak dan hasilnya diatas 100 persen," kata Menteri Amran Sulaiman.

"Kita berikan selamat atas keberhasilan Lampung Selatan ini," sambugnya.

Selanjutnya Mentan menyampaikan, secara nasional program Upsus Siwab realisasinya juga sangat mengembirakan.  Upsus siwab yang dimulai sejak thn 2017 hingga hari ini sudah dilakukan IB sebanyak 5.027.120 ekor, sapi bunting sebanyak 2.236.934 ekor dan lahir sebanyak 1.080.334 ekor.

"Denggan kelahiran sebanyak 1.080.334 ekor atau setara dengan Rp. 7,56 Triliun dengan asumsi  harga 1 ekor pedet lepas sapih Rp7 juta ekor. Nilai yang sangat fantastis mengingat investasi program pada tahun 2017 sebesar Rp1.1 triliun," kata Amran.

Amran mengatakan, capaian kinerja Upsus Siwab merupakan capaian kinerja rill di lapangan yang dilaporkan melalui  Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional (iSIKHNAS) yang jelas ketelusuran dan dapat dipertanggung jawabkan hasilnya. 

"Pengembangan Sistem pelaporan ini merupakan kebanggaan tersendiri karena dengan sistem ini, kinerja pengembangan populasi  sapi dan kerbau di seluruh wilayah Indonesia dapat terdeteksi secara cepat, tepat dan akurat," jelas Mentan Amran

"Melihat  ini semua, saya yakin Provinsi Lampung akan mampu berkontribusi secara nasional  dalam mewujudkan Swasembada Daging Sapi Tahun 2023, sekaligus ekspor ke berbagai negara lainnya yang membutuhkan ternak sapi," sambugnya.

KEYWORD :

Kementan IB Upsus Siwab Swasembada Lampung




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :