Minggu, 28/04/2024 18:09 WIB

Liburan Ke Bandung, Jangan Lupa Bawa Oleh-oleh Rasalokal

Keripik Ayam Goreng Lembang dengan cocolan sambal dadak Sunda, terinspirasi dari Ayam Goreng Pak Nanang.

Ridwan Kamil bersama Atalia menyambangi toko oleh-oleh rasalokal Bandung, pembukaan hari ketiga

Bandung - Bandung adalah dalah satu destinasi wisata favorit di Jawa Barat. Tidak hanya dikenal sebagai pusat fashion Indonesia, kota ini juga bisa dibilang surganya kuliner. Sehingga, siapa saja yang berkunjung ke kota Bandung wajib membawa oleh-oleh khas bandung.

Para pelaku UKM di Bandung sendiri sangatlah banyak, sehingga sudah seharusnya diberi wadah untuk meningkatkan kualitas serta memasarkan produk agar lebih dikenal.

Inilah yang melatarbelakangi hadirnya Rasalokal. Setelah resmi membuka outlet pertamanya di Bali pada 8 Oktober 2017 lalu, disusul dengan outlet di Surabaya, pekan ini Rasaloka meresmikan outlet ketiganya di Bandung, tepatnya di Jl. Dr. Cipto 14.

Candra Kurnia, CEO Rasaloka mengatakan, pusat oleh-oleh ini mengangkat rasa lokal khas Bandung. Di Bali dan Surabaya Rasalokal memproduksi Keripik Singkong Sambal Korek, Keripik Singkong Bumbu Betutu Bali, dan Keripik Singkong Sambal Matah. Sedangkan di Bandung, Rasalokal mengangkat Keripik Sejuta Rasa terdiri dari tiga pilihan rasa yakni Keripik Mie Kocok Kebon Jukut dengan cocolan sambal rawit limau terinspirasi dari Mie Kocok H. Endan/Pak Enco berdiri s

Keripik Ayam Goreng Lembang dengan cocolan sambal dadak Sunda, terinspirasi dari Ayam Goreng Pak Nanang. Dan Keripik Nasi Kuning Pandu dengan cocolan Sambal Seuhah, terinspirasi dari Nasi Kuning Pak Rowi yang sudah berdiri sejak 30 tahun lalu di Jl. Pandu.

"Awalnya kita senang traveling dan melihat kuliner punya potensi besar, hanya saja di Indonesia jarang menyediakan oleh-oleh lokal yang seharusnya mengangkat rasa lokal daerah tersebut untuk dibawa pulang ke rumah. Sehingga kita berpikir untuk membuat Rasalokal ini, di Bandung kita mengangkat tiga kuliner yang sudah berdiri 30an tahun," jelas Candra.

Selain memasarkan tiga varian rasa lokal Bandung tadi, Rasalokal juga menggandeng para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk mengangkat produk khas daerah dengan memberikan pembinaan dan pengemasan produk sehingga layak dijadikan oleh-oleh.

"Kami merasa misi kita belum tercapai, sehingga kami gandeng UKM Garut dan Bandung. Setidaknya ada 100 an item produk UKM yang tersedia di tempat ini mulai dari snack hingga minuman," jelas Candra.

Dengan melibatkan keluarga selebritis Glen Alinskie, Chelsea Olivia dan anaknya menjadikan toko oleh-oleh berbasis experience ini diserbu masyarakat Bandung sejak 16, 17, dan 18 Maret ini. Pecinta kuliner Bandung ini rela mengantre mulai pukul 07.00 WIB demi menghilangkan rasa penasaran mereka ini.

Walikota Bandung, Ridwan Kamil didampingi Sang isteri Atalia menyempatkan diri menyambangi store Rasalokal Bandung, Minggu (18/3). Pada kesempatan itu Ridwan Kamil menyampaikan apresiasinya dan berharap toko oleh-oleh yang nilai investasinya lebih kurang Rp 1 Miliar ini bisa menjadi destinasi oleh-oleh yang mengangkat kuliner khas kota Paris Van Java ini.

"Rasa keripiknya enak. Saya mendoakan semoga tempat ini sukses. Warga Bandung jangan lupa beli !," pungkasnya.

KEYWORD :

Rasalokal bandung kuliner oleh-oleh keripik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :