Kamis, 02/05/2024 07:37 WIB

Asian Games 2018

Ribuan Jurnalis Asing Sudah Daftar Meliput

Ada sembilan alur untuk akreditasi media. 

Suasana MPC Test Event Asian Games 2018

Jakarta – Perhelatan  Asian Games 2018 di Indonesia,  Agustus mendatang, mendapat perhatian besar dari media luar negeri. Hingga pertengahan Maret ini, sudah terdaftar sebanyak 2.017 jurnalis dari 19 negara yang memastikan bakal meliput even terbesar di Asia tersebut.

“Hingga hari ini Inasgoc telah menerima pendaftaran dari 2.017 jurnalis. Mereka berasal dari 19 negara, di antaranya Arab Saudi dan Iran,” ujar Direktur Media & PR INASGOC, Ratna Irsana, Rabu (14/3) petang, di Wisma Serba Guna, Senayan, Jakarta.

Sementara itu khusus untuk peliput dari dalam negeri, Inasgoc untuk sementara memberikan kuota sebanyak 8 jurnalis untuk tiap media, meliputi jurnalis, fotografer, dan videografer. “Seperti pada test event, akreditasi untuk Asian Games 2018 juga nyaris sama. Yang menentukan lolos atau tidak dari 10 lembaga,” tambahnya.

Ke-10 lembaga tersebut yang nantinya akan melakukan screening adalah, BIN Deputi dalam negeri, BIN Deputi luar negeri, BIN Deputi kontra intelijen, BNN, Dukcapil, Pusinafis (Pusat Indonesia Automatic Fingerprint Identification System), Densus 88, Divhub interpol, Imigrasi, dan Baintelkam.

“Namun PWI juga ikut menentukan seorang jurnalis bisa meliput Asian Games 2018. Jadi bukan Inasgoc yang menentukan,” kata Ratna.

Dia menjelaskan, ada sembilan alur untuk akreditasi media. Kendati ketat, prosesnya sangat mudah dipahami. “Dimulai dengan undangan yang disebar kemarin hingga deadline pada 19 Maret mendatang. Untuk batas terakhir via email pada 14 April. Sementara, pre valid card divalidasi di Main Press Center JCC mulai 10 Agustus,” tukasnya.

KEYWORD :

Asian Games 2018 INASGOC




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :