Senin, 29/04/2024 18:11 WIB

Ini Manfaat Minum Kopi 3 sampai 4 Cangkir Sehari

Ternyata minum kopi bisa turunkan risiko sejumlah penyakit.

Ilustrasi Manfaat Kopi

Jakarta - Merujuk hasil riset, dengan meminum 3 sampai 4 cangkir kopi per hari mampu memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Para ahli menemukan kemungkinan penikmat kopi rutin dapat mengurangi risiko kematian di usia muda lebih kecil 17 persen dibanding mereka yang tidak minum kopi sama sekali.

Dilansir dari berbagai sumber, risiko meninggal karena penyakit jantung turun hingga 15 persen, alzeimer 25 persen dan penyakit hati lebih dari 30 persen. Tidak hanya itu, risiko terkena kanker lebih rendah 18 persen dan lebih dari 30 persen menurunkan risiko terkena diabetes tipe-2.

Para peneliti tersebut juga menyarankan untuk tidak banyak minum kopi bagi ibu hamil karena berkemungkinan meningkatkan fraktur tulang pada perempuan.
Peneliti dari Southampton University meneliti temuan tersebut berdasarkan 218 studi. Hasilnya, senyawa alami yang ada dalam kopi dapat meningkatkan kesehatan yaitu meningkatkan fungsi hati dan sistem kekebalan tubuh.

Studi ini dipublikasikan di British Meica Journal, dengan menyimpulkan beberapa cangkir kopi setiap hari cenderung lebih banyak manfaatnya dibanding kerugiannya. Peneliti juga menambahkan, dengan mengonsumsi kopi dengan kadar yang sesuai yaitu tiga hingga empat cangkir per hari, umumnya dapat mengurangi risiko masalah kesehatan.

Dr Oyinola Oyebode, Associate Professor di University of Warwick mengiyakan juga tentang konsumsi dengan kadar sedang dan aman dapat memberikan benefit bagi kesehatan. “Tapi juga terdapat kemungkinan yang berkaitan dengan kesehatan yang lebih luas karena aktivitas lain yang dilakukan oleh para peminum kopi,” tuturnya.

Peneliti lain dari Southampton University, Dr Julie Pakres mengatakan senyawa biologis dalam kopi menghasilkan efek perlindungan. Tidak hanya itu, Dr Amelia Lake dari Public Health Nutrition di Teeside University juga menambahkan, kopi bisa dijadikan menu makanan seimbang demi kesehatan. Namun perlu diingat, kopi mampu membuat gemuk bila diberikan tambahan perasa seperti gula.

KEYWORD :

Minum Kopi Tips Kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :