Minggu, 28/04/2024 13:19 WIB

Kabar Duka, Sutradara Film James Bond Meninggal

Lewis adalah seorang pria sejati. Ia memberikan kontribusi besar bagi industri film Inggris dan juga film Bond, yang membawakan You Only Live Twice, The Spy Who Loved Me dan Moonraker.

Lewis Gilbert (Foto: Sky News)

Jakarta - Dunia hiburan kembali berduka. Lewis Gilbert, sutradara tiga film James Bond, yaitu You Only Live Twice, You Only Live Twice, dan Moonraker, meninggal pada usia 97 tahun.

Kabar duka itu sampaikan keluarganya melalui pesan Twitter, "Lewis Gilbert adalah salah satu sutradara favorit Sir Roger. Industri dan dunia Bond akan merindukannya meski warisannya hidup selamanya. RIP Lewis."

Gilbert, yang lahir di London pada tahun 1920, dianugerahi beasiswa BFI pada tahun 2001 atas kontribusinya yang luar biasa terhadap film Inggris. Di era 1920-an sampai akhir 1930-an ia sempat menjadi aktor cilik dalam beberapa film.

Educating Rita (1983), Shirley Valentine (1989) dan Alfie, film tahun 1966 yang menjadikan Michael Caine sebagai bintang dan mendapatkan nominasi Oscar dari Gilbert.

Produser Bond Michael G. Wilson dan Barbara Broccoli mengatakan pembuat film asal Inggris itu sangat dirindukan. Lewis adalah seorang pria sejati. Ia memberikan kontribusi besar bagi industri film Inggris dan juga film Bond.

"Film-filmnya tidak hanya dicintai oleh kita tapi dianggap klasik dalam serial ini," jelasnya.

Gilbert membuat debut Bond dengan 1967 You Only Live Twice yang dibintangi oleh Sean Connery, sebelum melanjutkan untuk mengawasi The Spy Who Loved Me (1977) dan Moonraker (1979), keduanya membintangi Roger Moore.

Beberapa netizen juga ikut menyampaikan belasungkawa, "Pikiran kita bersama keluarganya pada saat yang menyedihkan ini," ujar pemilik akun Twitter 007 di samping serangkaian foto di belakang layar Gilbert di lokasi syuting.

Sutradara Inggris Edgar Wright juga menyampaikan belasugkawa, "RIP Lewis Gilbert, sutradara Inggris hebat yang, di antara 40 kreditnya, menyutradai Alfie, Educating Rita, Reach For The Sky, Shirley Valentine dan salah satu yang saya favoritkan : Spy Who Loved Me. Mengapa Anda harus begitu baik?

Selain itu, komedian David Walliams mengucapkan terima kasih kepada Gilbert untuk atau semua kegembiraan yang Anda bawa kepada saya dan jutaan orang lainnya.

KEYWORD :

Selebriti Lewis Gilbert James Bond




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :