Minggu, 19/05/2024 07:28 WIB

Sesjen MPR: FL2MI Wadah Mahasiswa Kembangkan Daya Kritis

Forum FL2MI ini yang strategis karena terkait dengan pemahaman generasi muda dan mahasiswa terhadap legislasi Indonesia

Sekretaris Jenderal MPR Ma`ruf Cahyono

Padang - Sekretaris Jenderal (Sesjen) MPR Ma`ruf Cahyono mengatakan Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI) bisa menenjadi forum  untuk mengembangkan kemampuan kritis akademik mahasiswa.

Ia mengatakan, forum FL2MI sangat strategis karena terkait dengan pemahaman generasi muda dan mahasiswa terhadap legislasi Indonesia. Selain itu,  mahasiswa juga akan sadar untuk berkonstitusi dan taat terhadap peraturan perundang-undangan.

"Dengan pikiran yang kritis, masukan serta aspirasi mahasiswa maka legislasi ke depan akan lebih baik lagi. Legislasi yang baik adalah legislasi yang respon terhadap perkembangan dan dinamika masyarakat, terutama mampu mengakomodir kehendak masyarakat."

Demikian disampaikan saat berbicara dalam panel diskusi bertema “Peran Pemuda dan Masyarakat dalam Berdemokrasi di Indonesia” di Universitas Negeri Padang (UNP), Padang, Senin (26/2).

Ma`ruf menjelaskan, legislasi adalah bagian dari kebijakan nasional yang berada di lembaga legislatif. Di tingkat pusat, lembaga legislatif itu adalah MPR, DPR, dan DPD, yang masing-masing memiliki domain legislasi yang berbeda-beda.

"Legislasi di tingkat MPR adalah hukum dasar atau konstitusi. Sedangkatan tingkat DPR dan DPD adalah undang-undang," jelasnya.

Panel diskusi ini merupakan rangkaian kegiatan dari Muyawarah Nasional Ke X FL2MI yang digelar pada 26 Februari hingga 3 Maret 2018. Munas FL2MI dihadiri ratusan peserta merupakan perwakilan mahasiswa dari perguruan tinggi dan universitas anggota FL2MI. Tampak hadir Rektor UNP Prof Ganefri, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni.

 

KEYWORD :

Warta MPR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :