Senin, 29/04/2024 23:16 WIB

Tiga Makanan Ini Dianggap Sehat, Padahal Sebaliknya

Sebelum mengonsumsi apapun, pastikan makanan itu sehat dan tidak berdampak negatif terhadap kesehatan kamu.

Ilustrasi makanan dan minuman

Jakarta - Pepatah kuno mengatakan `Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat`. Ini tentu bukanlah sebuah slogan semata. Sebab, bila ingin merasa bahagia dan bisa melakukan banyak hal, minimal kamu harus memiliki tubuh yang sehat.

Nah, untuk memiliki tubuh yang sehat, banyak hal harus kamu lakukan. Mulai dari rutin berolahraga, hingga mengonsumsi makanan-makanan yang sehat.

Namun adakalanya, makanan yang kamu anggap sehat, ternyata malah membahayakan tubuh. Karena itu, sebelum mengonsumsi apapun, pastikan makanan itu sehat dan tidak berdampak negatif terhadap kesehatan kamu.

Dilansir dari Science Alert, berikut ini makanan yang dianggap sehat, padahal malah merugikan bagi tubuh. Apa saja?

1. Jus

Minum jus ternyata tidak selalu menyehatkan lho. Setelah kamu mengambil buah dan sayuran dari dalam blender, serat-seratnya membuat perut kamu cepat kenyang, sehingga melewatkan jadwal makan yang seharusnya. Karena kamu hanya menyimpan gula dan minus protein, maka kamu akan kehilangan energi. Dan dalam jangka panjang kamu bisa kehilangan massa otot, karena otot membutuhkan protein.

2. Minyak kelapa

Hati-hati dengan minyak kelapa yang biasanya dipakai untuk menggoreng di dapur. Dibandingkan minyak zaitun, minyak kelapa ternyata punya kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Satu sendok makan minyak zaitun mengandung 1 gram lemak jenuh dan 10 gram lemak sehat. Sementara satu sendok minyak kelapa mengandung 12 gram lemak jenuh dan 1 gram lemak sehat.

Para ahli menyarankan mereka yang memiliki kolesterol dan diabetes tipe 2 supaya menghindari lemak jenuh.

3. Multivitamin

Vitamin pada dasarnya diperlukan oleh tubuh. Misalnya Vitamin A, C, dan E berguna untuk mengubah makanan menjadi energi, dan menyembuhkan penyakit rakhitis atau penyakit kudis. Namun, penelitian menunjukkan tubuh sudah bisa memproduksi vitamin-vitamin tersebut, sehingga konsumsi vitamin tidak diperlukan lagi.

Mengonsumsi vitamin secara berlebihan, tentu akan berdampak buruk pada kesehatan kamu.

KEYWORD :

Kesehatan Makanan Unik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :