Rabu, 01/05/2024 12:58 WIB

Inilah Kartu Natal Terkecil di Dunia

Kamu mungkin tidak akan bisa melihat penampakan kartu Natal ini dengan mata telanjang.

Kartu Natal terkecil di dunia (foto: BT)

Jakarta - Kamu mungkin tidak akan bisa melihat penampakan kartu Natal ini dengan mata telanjang. Tapi jangan salah, di dalam kartu ucapan terkecil di dunia itu, terdapat pesat yang menarik lho.

Kartu Natal terkecil ini dibuat oleh National Physical Laboratory (NPL) di Inggris, dengan ukuran 15 x 20 mikron. Mikron merupakan satuan yang digunakan untuk menghitung partikel. Satu mikron sama dengan sepersatu juga meter. Kecil banget kan?

"Prangko standar bisa menampung lebih dari 200 juta kartu ini," kata NPL dikutip dari BT.

Kartu ini terbuat dari silikon nitrida dan dilapisi dengan platinum. Karena itu, bagi kamu yang ingin melihatnya, pastikan dulu kamu menyiapkan mikroskop. Sebab, untuk membuatnya bisa terlihat dengan baik, kamu butuh pembesaran 5.000 kali.

"Meskipun kartu tersebut merupakan cara yang menyenangkan untuk menandai perayaan, ini juga sebagai bentuk kemajuan yang dicapai dalam penelitian mengenai skala ini," kata peneliti NPL Dr David Cox.

"Kami menggunakan alat untuk menekan ketebalan dan material yang minim. Ini sangat membantu teknologi pembuatan baterai dan semikonduktor baru," jelasnya.

KEYWORD :

Unik Kartu Natal Terkecil di Dunia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :