Selasa, 07/05/2024 19:20 WIB

Mendengar Musik Bergendre Bahagia, Tumbuhkan Daya Kreativitas

Mendengarkan musik bergendre bahagia tidak hanya memperbaiki mood Anda, namun lebih dari itu, teryata ia dapat merangsang menumbuhkan daya kreativitas saat bekerja

Ilustrasi mendengar musik (Foto: People`s Daily)

Sydney - Mendengarkan musik bergendre bahagia tidak hanya memperbaiki mood Anda. Namun lebih dari itu, teryata ia dapat merangsang menumbuhkan daya kreativitas saat bekerja.

Laporan tersebut menemukan, mendengarkan musik bergendre bahagia mampu meningkatkan kreativitas lebih tinggi dalam menyelesaikan tugas multitasking dengan ragam solusi yang brililain, dibandingkan dengan mereka yang mendengarkan keheningan.

Dengan munculnya teknologi, pemahaman musik memiliki peran lebih besar dalam mengembangkan kreativitas, terutama saat bekerja, menurut salah satu penulis studi tersebut, Sam Ferguson dari University of Technology Sydney ( UTS), kepada Xinhua pada Kamis (7/9).

“Jika ingin menjadi lebih  kreatif, ada baiknya memahami  peran lingkungan di sekitar kita - dan salah satu hal besar yang dapat kita lakukan adalah dengan mendengar musik,“ kata Ferguson.

Dalam penelitian ini empat buah musik dipilih yang dikategorikan sesuai dengan suasana hati yang mereka katakan mampu membangkitkan semangat - tenang, bahagia, sedih, cemas - dengan mudik  klasik, seperti Gustav Holst`s The Planet: Mars, atau Vivaldi`s The Empat musim.

Hal ini dilakukan agar bisa membandingkan hasil penelitian saat ini dengan penelitian sebelumnya, namun Ferguson mengatakan, ia sangat antusias untuk mengeksplorasi bentuk musik lainnya, termasuk musik yang lebih mutakhir, untuk melihat dampak potensial pada fungsi otak. 

“Ada dua elemen untuk itu, Anda ingin tahu seperti apa musik modern atau lebih untuk berbicara,“ Kata Ferguson

“Itu adalah elemen yang perlu dipertimbangkan, dan penelitian lain menunjukkan, jika Anda berbicara tentang efek lain yang dimiliki musik keakraban dan preferensi sebenarnya memainkan peran besar,“ tambahnya 

Namun, Ferguson menunjukkan kunci untuk menggunakan musik sebagai alat yang mempu menumbuhkan sikap kreatif. Ia menekankan tidak semua musik bergndre bahagia mampu membuat Anda lebih kreatif.

“Ada banyak penelitian yang menunjukkan, beberapa musik mungkin akan lebih mengganggu daripada membantu, jadi musik bergendre bahagia tidak berlaku secara umum untuk pendengar,“ kata Ferguson.

“Beberapa orang belajar mengubah lingkungan mereka, sehingga bisa lebih kreatif dalam berbagai cara, dan ini mungkin salah satu elemen kunci,“ tegasnya

KEYWORD :

Musik Kreatif




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :