Sabtu, 04/05/2024 14:53 WIB

Jatim Pimpin Klasemen, Tuan Rumah Masih Amsiong

Pada sabtu ini, terdapat empat nomor yang memasuki babak final. Yaitu boulder junior putri dan lead  youth C dan D putra putri.serta boulder Junior putra.

Kejurnas Panjat Tebing Kelompok Umur 2017

Sawahlunto – Jawa Timur memimpin klasemen sementara  Kejurnas Panjat Tebing Keelompok Umur (KU) XII 2017 di Wall Silo, Sawahlunto, Sumatera Barat. Kontingen juara bertahan ini sudah mengumpulkan 3 emas, 2 perak dan 4 perunggu saat lomba memasuki hari keempat, Sabtu (26/8).

Posisi kedua ditempati DKI Jakarta dengan 2 emas dan 1 perak, disusul DIY dengan 2 emas. Kalimantan Timur berada di posisi keempat dengan 1 emas, 2 perak dan 2 perunggu, kemudian Jawa Barat dengan tiga perak dan 1 perunggu. Jawa Tengah juga belum meraih emas dan baru mendapat sekeping perunggu.

Sementara itu, tuan rumah Sumatera Barat belum mampu mendulang medali alias amsiong. Meski demikian, peluang Sumatera Barat untuk memecah kebuntuan masih terbuka karena jumlah nomor yang dipertandingkan masih banyak, 18 nomor.

Pada sabtu ini, terdapat empat nomor yang memasuki babak final. Yaitu boulder junior putri dan lead  youth C dan D putra putri.serta boulder Junior putra. Selain tuan runah Sumatera Barat, kontingen Jawa Barat juga berharao bisa meraih emas di hari keempat ini.

Kejuaraan Nasional Panjat Tebing Kelompok Umur XII yang digelar Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) di Sawahlunto, diikuti 160 atlet dari 13 provinsi.  Sementara 14 Pengprov FPTI tidak bisa mengikuti Kejurnas ini karena terkena sanksi menyusul ketidakhadiran mereka di Rakernas tahun lalu.

Kejurnas KU inibdiikuti para atlet di rentang usia 10-19 tahun. Yang terbagi kedalam kelompok jinior (17-19), Youth A (17-19), Youth B (15-17), Youth C (13-15) dan Youth D (11-13). Mereka akan memperebutkan 26 medali emas dari 26 nomor yang dipertandingkan.

Dua puluh enam nomor yang dipertandingkan meliputi Lead Junior Putra-Putri, Lead Youth A Putra-Putri, Lead Youth B Putra-Putri, Lead Youth C Putra-Putri, Lead Youth D. Ada pun untuk Speed yang dipertandingkan meliputi nomor Speed World Record Junior Putra-Putri, Speed World Record Youth A Putra-Putri, Speed World Record Youth B Putra-Putri, Speed Classic Youth C Putra-Putri, dan Speed Classic Youth D Putra-Putri. Sedangkan untuk Boulder yang dipertandingkan  meliputi nomor Boulder Junior Putra-Putri, Boulder Youth A Putra-Putri, Boulder Youth B Putra-Putri.

Kejurnas Panjat Tebing Kelompok Umur merupakan program FPTI untuk mengetahui perkembangan atlet di masing-masing daerah. Selain itu, Kejurnas juga menjadi alat ukur FPTI menentukan peringkat nasional atlet yang akan menjadi acuan dalam seleksi di kejuaraan internasional.

KEYWORD :

Panjat tebing PFTI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :