Selasa, 30/04/2024 23:44 WIB

KESEHATAN

Hasil Studi: Ngemil Keripik Tingkatkan Risiko Kematian

Memang, saat melihat keripik yang baru mentas dari penggorengan, hangat, kemudian direndam dalam larutan lantas ditaburi garam atau bubuk cabe pedas, tentu siapapun ingin meraih dan mengunyahnya perlahan.

Rutinitas ngemil keripik

Ini adalah berita buruk bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian, keripik, apapun jenisnya, ternyata berdampak lebih buruk bagi kesehatan.

Memang, saat melihat keripik yang baru mentas dari penggorengan, hangat, kemudian direndam dalam larutan lantas ditaburi garam atau bubuk cabe pedas, tentu siapapun ingin meraih dan mengunyahnya perlahan. Tanpa terasa, rutinitas ini akan meningkatkan risiko kematian dua kali lipat.

Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, dan telah menemukan bahwa orang yang gemar makan keripik, atau produk sejenis lainnya, yang rutin dilakukan dua kali atau lebih setiap minggu memiliki risiko dua kali leih dekat pada kematian ketimbang mereka yang tidak ngemil keripik.

Penelitian ini melakukan riset terhadap 4440 orang berusia antara 45-79 selama periode delapan ntahun. Pada periode tersebut, sebanyak 236 orang meninggal.

Peneliti kemudian melihat lebih dekat kebiasaan peserta, yang didapatkan berdasarkan pengisian kuesioner kebiasaan makanan. Para peneliti mengidentifikasi peningaktan risiko kematian yang terdapat pada peserta yang rutin mengonsumsi keripik.

Namun, peneliti tidak menemukan keterkaitan peserta yang mengonsumsi kentang yang belum dimasak dengan peningkatan risiko kematian. Juga, memakan kentang goreng beberapa kali dalam sebulan tidak terkait dengan kemungkinan kematian yang lebih besar.

Dalam hal ini, periset tak menemukan aktivitas tidak sehat lainnya yang mungkin dilakukan partisipan selain ngemil keripik. Dan bahwa mengonsumsi keripik secara reguler, tidak dengan sendirinya harus menjadi penyebab kematian tersebut.

Peneliti tidak menemukan keterkaitan secara langsung dan rinci, namun peneliti telah mengambil kesimpulan bahwa makan keripik akan meningkatkan risiko kematian lebih cepat. Namun, peneliti memahami bahwa rutinitas ngemil keripik merupakan adalah tidak sehat bagi tubuh.[]

KEYWORD :

ngemil keripik risiko kematian kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :