Minggu, 28/04/2024 22:10 WIB

Ada Penumpang Berusaha Masuk Kokpit, Malaysia Airlines Mau Dibajak Lagi?

Para penumpang lainnya berhasil melumpuhkan penyerang.

Malaysia Airlanes

Melbourne  - Sebuah pesawat Malaysia Airlines terpaksa kembali ke bandara di Melbourne, Australia, tak lama setelah lepas landas pada Rabu (31/5) malam.  Pasalnya, seorang penumpang penerbangan dari Melbourne ke Kuala Lumpur, berupaya memasuki kokpit.

Pesawat berangkat pada pukul 23.11 waktu Melbourne dan kembali ke bandara pada pukul 23.41. Pesawat mendarat dengan selamat dan penumpang yang bersangkutan ditangkap oleh para petugas keamanan bandara.  "Malaysia Airlines bersama-sama dengan pihak berwenang Australia akan menyelidiki insiden tersebut," demikian pernyataan pihak Malaysia Airlines.

Pihak Malaysia Airlines menekankan bahwa penerbangan itu sama sekali tidak dibajak. Namun situasi tersebut dipastikan membuat jantung penumpang dan krunya dag dig dug.

Kepolisian negara bagian Victoria mengatakan dalam pernyataan bahwa seorang pria berupaya memasuki kokpit dan mengancam keselamatan penumpang dan awak pesawat. "Pria itu tidak bisa memasuki kokpit. Dia ditundukkan dan rencana pengamanan dijalankan," demikan pernyataan kepolisian, seperti dkutip Antara.

Laman pelacak pesawat Flightradar mengungkapkan bahwa penerbangan-penerbangan menuju Melbourne dialihkan ke bandara-bandara lainnya terkait insiden tersebut. Media setempat melaporkan di Melbourne bahwa bandara itu untuk sementara dikunci.

Stasiun berita televisi Australia, Channel Nine News, mengatakan di Twitter bahwa para penumpang lainnya berhasil melumpuhkan penyerang tersebut. Pesawat jenis Airbus A330 itu pun bisa mendarat tanpa seorang pun mengalami luka.

Malaysia Airlines telah mengalami dua bencana besar penerbangan dalam beberapa tahun terakhir ini. Pada 2014, Penerbangan MH370 menghilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Beijing. Kemudian pada tahun yang sama, Penerbangan MH17 dari Amsterdam ke Kuala Lumpur ditembak jatuh di Ukraina timur.

KEYWORD :

Malaysia Airlanes pesawat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :