Sabtu, 04/05/2024 03:27 WIB

Menteri Hanif Ajak Masyarakat Jaga Harapan dan Optimisme

Pada kesempatan yang sama, Menaker juga meminta kepada kalangan pesantren untuk terus mempersiapkan santri menghadapi dunia persaingan kerja.

Menaker M Hanif Dhakiri

Jakarta – Kepada seluruh masyarakat, Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengajak agar bijak dalam menyikapi perkembangan. Pemerintah di bawah pimpinan Presiden Jokowi terus bekerja keras.

“Karena itu, mari pelihara harapan dan optimisme. Lihatlah, keadaan terus bertambah baik. Berhentilah mengeluh, termasuk mengeluh di medsos", ungkap Menteri Hanif.

Alumni Pesantren Edi Mancoro ini meminta masyarakat untuk terus membangun harapan dan optimisme. Jangan banyak mengeluh di sosmed dan seolah-olah susah sendiri. Peliharalah harapan.

"Bangsa yang maju, adalah bangsa yang bekerja keras mewujudkan harapan, serta penuh optimisme", tandasnya.

Ajakan tersebut disampaikan Menteri Hanif  terkait  riuhnya dunia media sosial akhir-akhir ini  yang penuh keluhan dan hujatan. Padahal di saat yang sama, pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo tengah bekerja keras menyelesaikan berbagai persoalan bangsa.

Alhamdulillah, lanjutnya, kerja keras pemerintah dan dukungan masyarakat perlahan namun pasti telah membuahkan hasil.  Angka kemiskinan
turun 10,7 persen pada September 2016 dari 11,13 persen dari September 2015. Angka ketimpangan sosial yang semula  0,41 turun menjadi  0,39. Angka pengangguran yang sebelumnya 6,18 persen turun menjadi 5,3 persen.

Pada kesempatan yang sama, Menaker juga meminta kepada kalangan pesantren untuk terus mempersiapkan santri menghadapi dunia persaingan kerja. Modal kuat yang dimiliki santri terletak pada soft skill, yakni kekuatan karakter seperti jujur, displin, bekerja keras.

“Menyiapkan modal  soft skill jauh lebih susah. Kalau hard skill,  bisa lebih singkat,” jelas Menaker.

Menteri Hanif  mencontohkan, mendidik orang untuk bersikap jujur itu susah, Kalau mendidik orang bisa menguasai teknik ngelas misalnya, cukup enam bulan bisa.

KEYWORD :

Info Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri Menaker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :