Sabtu, 04/05/2024 06:20 WIB

Trump Habiskan Banyak Uang untuk Biaya Hukum; Biden Pimpin Penggalangan Dana

Trump Habiskan Banyak Uang untuk Biaya Hukum; Biden Pimpin Penggalangan Dana

Presiden AS Joe Biden dalam pertemuan dengan Dewan Penasihat Presiden bidang Sains dan Teknologi di San Francisco, California, AS, 27 September 2023. Foto: Reuters

WASHINGTON - Kelompok politik Donald Trump yang membayar tagihan hukumnya melaporkan menghabiskan $3,6 juta untuk biaya pengacara pada bulan Maret. Hal itu menghabiskan dana untuk mendukung pencalonan Trump sebagai Gedung Putih ketika Partai Republik membuntuti Presiden Joe Biden dalam mengumpulkan uang.

Trump menghadapi empat persidangan pidana – termasuk satu persidangan yang dimulai minggu ini – ketika ia melakukan kampanye mahal untuk menantang Biden, seorang Demokrat, dalam pemilihan presiden 5 November.

Kelompok Save America milik Trump, yang melaporkan pengeluaran tersebut ke Komisi Pemilihan Umum Federal, menghabiskan sebagian besar dana yang diperoleh dari donor kecil, meskipun dana yang tersedia mungkin semakin berkurang.

Kelompok tersebut, yang terpisah dari tim kampanye Trump namun merupakan kelompok penggalangan dana terbesar sebelum Trump mengumumkan pencalonannya, melaporkan menerima lebih dari $10.000 dari donor pada bulan Maret.

Mereka mampu menutupi pengeluaran dengan mengambil pengembalian dana sebesar $5 juta yang sebelumnya diberikan kepada PAC super yang mendukung kampanye Trump yang dikenal sebagai MAGA Inc.

Save America kini telah mendapatkan kembali lebih dari $52 juta dari $60 juta yang sebelumnya diberikan kepada MAGA Inc, mengurangi jumlah uang yang MAGA Inc sediakan untuk iklan televisi yang mendukung Trump.

Meskipun Save America belum mengungkapkan rincian berapa banyak dana yang dikeluarkan untuk setiap kasus hukum Trump, pengajuan mereka menunjukkan bahwa sejak awal tahun 2023, mereka telah menghabiskan lebih dari $59 juta untuk biaya pengacara.

Trump diadili minggu ini sebagai terdakwa atas tuduhan memalsukan catatan bisnis untuk menutupi pembayaran uang tutup mulut hingga permulaan film porno.

Tiga persidangan pidana lainnya yang masih tertunda berkaitan dengan upayanya untuk membalikkan kekalahannya dari Biden pada pemilihan presiden tahun 2020 dan tuduhan bahwa dia salah menangani dokumen rahasia setelah meninggalkan Gedung Putih pada tahun 2021. Trump juga mengajukan banding atas putusan penipuan perdata senilai $454 juta, sebuah ancaman terhadap keuangan pribadinya.

Operasi politik Trump juga menghadapi tantangan moneter, seperti yang ditunjukkan oleh pengungkapan kepada Komisi Pemilihan Federal.
Tim kampanyenya melaporkan berhasil mengumpulkan dana sebesar $15 juta pada bulan Maret, naik dari sekitar $11 juta pada bulan Februari, namun tidak cukup untuk mengimbangi Biden, yang memiliki keunggulan dalam penggalangan dana.

Kampanye Biden mengumpulkan lebih dari $43 juta pada bulan Maret dan mengakhiri bulan itu dengan $85 juta di bank. Tim kampanye Trump mengatakan mereka mengakhiri bulan itu dengan uang tunai sebesar $45 juta.

Jajak pendapat publik menunjukkan keduanya bersaing ketat.
Kontribusi kampanye membayar iklan, staf, dan demonstrasi tetapi tidak menentukan pemenangnya. Trump dimarahi pada tahun 2016 oleh Hillary Clinton dari Partai Demokrat dan masih mengalahkannya dalam pemilihan presiden tahun itu.

Meskipun penggalangan dana yang dilakukan Trump di antara para donor kecil tampaknya menurun, Trump dalam beberapa minggu terakhir telah mengadakan acara penggalangan dana untuk merayu para donor besar, membantu Partai Republik mengumpulkan lebih dari $20 juta pada bulan Maret, hampir dua kali lipat dari apa yang dikumpulkan bulan sebelumnya, partai tersebut melaporkan pada Sabtu.

MAGA Inc, PAC super yang mendukung pencalonan Trump, melaporkan memiliki $33 juta di bank pada akhir Maret, sementara Future Forward, PAC super utama Partai Demokrat yang mendukung Biden, melaporkan memiliki lebih dari $41 juta.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Joe Biden Donald Trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :