Sabtu, 04/05/2024 05:17 WIB

AS akan Meningkatkan Bantuan ke Ukraina, tetapi Pasokan pada 2025 Belum Jelas

AS akan Meningkatkan Bantuan ke Ukraina, tetapi Pasokan pada 2025 Belum Jelas

Seorang prajurit dari brigade artileri terpisah ke-1148 Pasukan Serangan Udara Ukraina menyiapkan howitzer M777 di wilayah Donetsk, Ukraina 20 April 2024. Foto via REUTERS

WASHINGTON - Pemerintahan Biden ingin mulai memindahkan senjata dan peralatan ke Ukraina dalam beberapa hari setelah disahkannya undang-undang minggu ini yang mencakup bantuan militer senilai $60 miliar ke Kyiv. Bantuan ini merupakan jalur penyelamat yang telah lama tertunda bagi negara yang dilanda konflik tersebut.

Bantuan tersebut akan tiba lebih lambat dari perkiraan Ukraina, yang kehabisan amunisi dan terhuyung-huyung akibat serangan gencar Rusia, dan para analis memperingatkan bahwa tidak ada jaminan bahwa bantuan akan lebih banyak lagi.

Namun para pejabat dan pakar sepakat bahwa serangan artileri, rudal berpemandu presisi, dan pertahanan udara akan mengubah prospek militer Ukraina.

“Dengan dorongan yang akan datang dari bantuan militer, baik secara praktis maupun psikologis, Ukraina sepenuhnya mampu bertahan hingga tahun 2024 dan mematahkan pandangan arogan Putin bahwa waktu ada di pihaknya,” kata Direktur CIA William Burns pada hari Kamis di Bush.

Amunisi, pencegat untuk sistem pertahanan udara dan senjata jarak jauh dapat mulai dijual “dalam beberapa hari” setelah rancangan undang-undang tersebut menjadi undang-undang, kata seorang pejabat AS.
“Tidak akan ada penundaan atau hambatan apa pun di pihak AS,” kata pejabat itu.

Lebih dari dua tahun setelah invasi besar-besaran Rusia, Ukraina telah kehilangan wilayah di bagian timur negara itu dan Rusia telah meningkatkan pemboman terhadap kota-kota di belakang garis depan di tengah melambatnya bantuan militer Barat.

Bantuan untuk Ukraina telah tertunda selama berbulan-bulan karena adanya keberatan dari anggota parlemen sayap kanan Partai Republik di Dewan Perwakilan Rakyat AS.

Pada hari Sabtu, DPR mengesahkan paket legislatif senilai $95 miliar yang memberikan bantuan keamanan kepada Ukraina, Israel dan Taiwan. RUU tersebut kini diajukan ke Senat dan diharapkan disahkan minggu ini, sehingga membuka jalan bagi Presiden Joe Biden untuk menandatanganinya menjadi undang-undang.

Selama akhir pekan, Zelenskiy menyambut baik kemajuan paket bantuan di Dewan Perwakilan Rakyat, dan berulang kali mendesak anggota parlemen untuk segera meloloskan rancangan undang-undang tersebut di Senat sehingga transfer senjata dapat terjadi dengan cepat.

Pemerintahan Biden sedang menyelesaikan paket bantuan berikutnya untuk Ukraina sehingga mereka dapat mengumumkan tahap bantuan baru segera setelah rancangan undang-undang tersebut menjadi undang-undang untuk memenuhi kebutuhan mendesak di medan perang Ukraina, kata seorang pejabat Gedung Putih.

KETERLAMBATAN YANG MAHAL
Keterlambatan dalam menyetujui pasokan baru berdampak buruk bagi Kyiv.
“Bantuan datang sangat terlambat, karena kekurangan material mengakibatkan Ukraina kehilangan inisiatif pada Oktober 2023,” kata Kateryna Stepanenko, analis Rusia di Institut Studi Perang.

Sejak Oktober, Ukraina telah kehilangan 583 kilometer persegi wilayahnya ke tangan pasukan Rusia, sebagian besar karena kurangnya artileri, kata Stepanenko, yang menambahkan bahwa Rusia memiliki waktu untuk mempersiapkan operasi ofensif yang diperkirakan terjadi pada akhir musim semi atau awal musim panas.

Namun militer Ukraina harus dapat menggunakan amunisi – terutama rudal ATACMS, pencegat pertahanan udara dan peluru artileri – untuk digunakan “segera”, kata purnawirawan Wakil Laksamana Robert Murrett dari Institut Kebijakan dan Hukum Keamanan di Universitas Syracuse.

Zelenskiy telah meminta ATACMS, rudal berpemandu jarak jauh yang memungkinkan Ukraina mencapai sasaran seperti pos komando Rusia dan depot senjata di Krimea.

Ketua Komite Intelijen Senat Mark Warner mengatakan kepada CBS `Face the Nation` pada hari Minggu bahwa peralatan militer termasuk ATACMS jarak jauh harus "dalam transit pada akhir minggu ini" asalkan Senat juga mengesahkan undang-undang tersebut.

Ukraina juga harus menerima lebih banyak rudal untuk sistem pertahanan udara Patriot, yang telah terbukti efektif melawan serangan rudal dan drone.

Riki Ellison, pendiri Aliansi Advokasi Pertahanan Rudal, mengatakan para pembuat senjata AS telah meningkatkan produksi rudal untuk sistem pertahanan Patriot guna memenuhi permintaan dan harus siap mengirimkan rudal dengan cepat.

Namun, setelah tahun 2024, ketidakpastian menanti Ukraina.
Hal ini termasuk kemungkinan terpilihnya kembali mantan Presiden AS Donald Trump, yang menyuarakan skeptisisme atas bantuan Ukraina dalam jumlah besar dan mempertanyakan seberapa cepat industri pertahanan AS dan Eropa dapat meningkatkan produksi senjata.

Trump memenangkan nominasi Partai Republik pada bulan Maret dan akan menghadapi Biden, seorang Demokrat, dalam pemilihan presiden pada tanggal 5 November. Mantan presiden dan Republik garis keras anggota Kongres menentang bantuan lebih lanjut ke Ukraina, dengan kemungkinan pengecualian pinjaman.

“Ukraina perlu menggunakan tahun 2024 untuk membangun kembali kekuatannya untuk perang jangka panjang,” kata Bergman. “Tujuan Eropa adalah untuk menempatkan diri pada posisi yang berpotensi mengisi kesenjangan yang ditinggalkan oleh Amerika Serikat di masa depan jika mereka tidak bisa melampaui hal lain.”

Jika paket AS ini ditandatangani menjadi undang-undang, maka paket bantuan AS akan memiliki dampak sinyal yang kuat, tidak hanya dalam hal moral Ukraina tetapi juga bagi sekutu AS lainnya untuk menyumbangkan bantuan, kata Jeffrey Pryce, pengacara internasional dan peneliti senior di institut kebijakan luar negeri di Johns Hopkins School of Advanced. Pembelajaran Internasional.

“Jika Amerika terlebih dahulu maka negara-negara lain akan lebih nyaman menambah pasokan tersebut,” kata Pryce.

KEYWORD :

Bantuan Ukraina Menurun Kongres AS




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :