Selasa, 30/04/2024 01:17 WIB

Ini Saldo Minimal e-Toll dari Surabaya Menuju Jakarta

Untuk pengguna jalan dari Surabaya menuju Jakarta, untuk kendaraan golongan satu agar menyiapkan e-toll dengan saldo minimal sebesar Rp1 juta

Gerbang Tol Kalikangkung. (Foto: Dok. Detik.com)

Karawang, Jurnas.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk ingatkan para pengendara arus balik untuk pastikan saldo kartu elektronik (e-toll) mencukupi saat melintasi Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jawa Tengah dan GT Cikampek Utama.

"Masih banyak ditemukan pengguna jalan yang kekurangan saldo e-toll pada saat keluar (tap out) di GT Cikampek Utama sehingga mengakibatkan waktu penundaan yang cukup signifikan," kata Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani di Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin (15/4/2024).

Ia mengatakan besaran tarif tol yang harus disiapkan pengguna jalan dengan perjalanan menerus untuk arus balik, terutama dari arah Surabaya dan Semarang menuju Jakarta mencapai Rp1 juta.

Ia menyebutkan nilai transaksi dari GT Kalikangkung ke GT Cikatama sebesar Rp421.500, sedangkan untuk pengguna jalan dari Surabaya menuju Jakarta, untuk kendaraan golongan satu agar menyiapkan e-toll dengan saldo minimal sebesar Rp1 juta. 

"Dari Semarang menuju Jakarta, untuk kendaraan golongan satu harus menyiapkan e-toll dengan saldo minimal sebesar Rp500.000," kata dia.

Faiza menegaskan dengan adanya waktu penundaan di gerbang tol tersebut, rata-rata penurunan kapasitas transaksi gardu tol yang semula dalam satu menit, bisa melayani transaksi hingga lima kendaraan.

Ia mengatakan jika pengguna jalan kurang saldo dan harus melakukan pengisian nominal saldo di gardu tol, maka satu menit akan hanya bisa melayani satu kendaraan saja.

Menurut dia, estimasi waktu tersebut jika diaplikasikan pada beribu kendaraan yang melalui GT Cikampek Utama tentu saja akan merugikan pengguna jalan karena waktu terbuang hanya untuk menunggu waktu "top up" di gardu tol.

"Kami meminta kerja sama dari pengguna jalan, agar mengecek kecukupan saldo e-toll secara berkala agar perjalanan arus balik semakin aman dan nyaman," kata dia.

Sementara itu, pada Senin pagi di GT Cikampek Utama, arus lalu lintas cukup lancar meski terjadi kepadatan kendaraan di sejumlah gardu tol sebelum melakukan "tap out". 

KEYWORD :

Arus Balik Jasa Marga Tol Kalikangkung




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :