Senin, 29/04/2024 23:58 WIB

Sebelum Ada Gencatan Senjata di Gaza, Turki akan Berlakukan Pembatasan Ekspor ke Israel

Sebelum Ada Gencatan Senjata di Gaza, Turki akan Berlakukan Pembatasan Ekspor ke Israel

Seorang wanita memegang bendera dan tanda Palestina ikut protes untuk mendukung warga Palestina di Gaza, di Istanbul, Turki 22 Oktober 2023. REUTERS

ANKARA - Turki akan memberlakukan pembatasan ekspor produk dari 54 kategori berbeda ke Israel sampai gencatan senjata diumumkan di Gaza, kata Kementerian Perdagangan Turki pada Selasa, seraya menambahkan bahwa tindakan tersebut akan segera berlaku.

Dalam sebuah pernyataan menyusul pengumuman Ankara bahwa mereka akan mengambil tindakan setelah Israel menolak permintaannya untuk mengambil bagian dalam pengiriman bantuan melalui udara, kementerian tersebut mengatakan pembatasan tersebut akan mencakup produk besi dan baja, peralatan dan produk konstruksi, mesin dan banyak lagi.

Israel dan Hamas mengirim tim ke Mesir pada hari Minggu untuk melakukan pembicaraan yang melibatkan mediator Qatar dan Mesir serta Direktur CIA William Burns.

Kehadiran Burn menggarisbawahi meningkatnya tekanan dari sekutu utama Israel, AS, untuk mencapai kesepakatan yang akan membebaskan sandera Israel yang ditahan di Gaza dan memberikan bantuan kepada warga sipil Palestina yang miskin akibat konflik selama enam bulan.

Namun pejabat senior Hamas Ali Baraka mengatakan kepada Reuters: "Kami menolak usulan terbaru Israel yang diberitahukan pihak Mesir kepada kami. Politbiro bertemu hari ini dan memutuskan hal ini."

Pejabat Hamas lainnya sebelumnya mengatakan kepada Reuters bahwa tidak ada kemajuan yang dicapai dalam negosiasi tersebut.

“Tidak ada perubahan dalam posisi pendudukan (Israel) dan oleh karena itu, tidak ada hal baru dalam perundingan di Kairo,” kata pejabat Hamas, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, kepada Reuters. “Belum ada kemajuan.”

Israel mengatakan mereka ingin mencapai kesepakatan tawanan-sandera, yang mana mereka akan membebaskan sejumlah warga Palestina yang dipenjara di penjara-penjara mereka sebagai imbalan atas para sandera di Gaza, namun Israel belum siap untuk mengakhiri serangan militer sebelum mereka menyerbu Rafah.

Hamas menginginkan perjanjian apa pun untuk mengakhiri serangan militer Israel, mengeluarkan pasukan Israel dari Gaza dan memungkinkan para pengungsi untuk kembali ke rumah mereka di wilayah kantong tersebut.

Rafah adalah tempat perlindungan terakhir bagi warga sipil Palestina yang terpaksa mengungsi akibat pemboman Israel tanpa henti yang meratakan lingkungan tempat tinggal mereka. Ini juga merupakan benteng pertahanan terakhir yang signifikan bagi unit tempur Hamas, kata Israel.

Dari 253 orang yang ditangkap Hamas pada 7 Oktober, 133 sandera masih disandera. Para perunding telah berbicara tentang sekitar 40 orang yang akan dibebaskan pada tahap pertama kesepakatan prospektif.

KEYWORD :

Israel Palestina Gencatan Senjata Ekspor Turki




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :