Selasa, 30/04/2024 00:25 WIB

Di Pengadilan Dunia, Jerman Membantah Tuduhan Bantu Genosida di Gaza

Di Pengadilan Dunia, Jerman Membantah Tuduhan Bantu Genosida di Gaza

Orang-orang berdemonstrasi untuk mendukung Palestina, di luar Istana Perdamaian di Den Haag, Belanda, 8 April 2024. REUTERS

DEN HAAG - Jerman pada Selasa membantah tuduhan bahwa mereka membantu genosida di Gaza dengan menjual senjata Israel ke pengadilan tinggi PBB di Nikaragua, yang mencerminkan meningkatnya tindakan hukum dalam mendukung warga Palestina.

Jerman telah menjadi salah satu sekutu paling setia Israel sejak serangan militan Hamas pada 7 Oktober dan serangan balasan. Negara ini adalah salah satu pemasok militer terbesarnya, mengirimkan peralatan dan senjata senilai 326,5 juta euro ($353,70 juta) pada tahun 2023, menurut data Kementerian Ekonomi.

Jerman dan negara-negara Barat lainnya telah menghadapi protes jalanan, berbagai kasus hukum, dan tuduhan kemunafikan dari kelompok kampanye yang mengatakan Israel telah membunuh terlalu banyak warga sipil Palestina dalam serangan enam bulannya.

Namun Tania von Uslar-Gleichen, penasihat hukum Kementerian Luar Negeri Jerman, mengatakan kepada Mahkamah Internasional, atau Pengadilan Dunia, bahwa kasus Nikaragua dilakukan dengan tergesa-gesa, berdasarkan bukti yang lemah dan harus dibatalkan karena kurangnya yurisdiksi.

Ekspor senjata diperiksa kepatuhannya terhadap hukum internasional, katanya.

“Jerman melakukan yang terbaik untuk memenuhi tanggung jawabnya baik terhadap Israel maupun rakyat Palestina,” tambahnya, dengan Jerman sebagai donor terbesar bantuan kemanusiaan untuk Palestina.

Von Uslar-Gleichen mengatakan keamanan Israel adalah prioritas bagi Jerman mengingat sejarah pemusnahan orang-orang Yahudi oleh Nazi. “Jerman telah belajar dari masa lalunya, masa lalu yang mencakup tanggung jawab atas salah satu kejahatan paling mengerikan dalam sejarah manusia, Shoah,” katanya, menggunakan kata Ibrani.

Pengacara Jerman, Christian Tams, mengatakan kepada pengadilan bahwa sejak 7 Oktober, 98% ekspor senjata ke Israel adalah perlengkapan umum seperti rompi, helm, dan teropong. Dan dari empat kasus di mana ekspor senjata perang disetujui, katanya, tiga diantaranya adalah senjata yang tidak cocok untuk digunakan dalam pertempuran dan dimaksudkan untuk pelatihan.

NIKARAGUA DAN AFRIKA SELATAN TEKANAN ISRAEL
Pengacara Nikaragua telah meminta ICJ memerintahkan Jerman menghentikan penjualan senjata ke Israel dan melanjutkan pendanaan untuk badan pengungsi Palestina PBB, UNRWA.

Mereka berpendapat Berlin telah melanggar Konvensi Genosida 1948 dan hukum internasional dengan memasok Israel padahal mereka sadar ada risiko genosida.

Setelah sidang pada hari Selasa, Duta Besar Nikaragua Carlos Arguello mengatakan kepada wartawan bahwa kasus pada tahap awal ini tidak bergantung pada jumlah bantuan militer Jerman tetapi hanya pada keberadaannya.

Serangan kelompok Islam tersebut pada 7 Oktober menewaskan 1.200 orang, menurut penghitungan Israel. Lebih dari 33.000 warga Palestina telah tewas dalam serangan Israel di Gaza sejak itu, menurut kementerian kesehatan di daerah kantong yang dikelola Hamas.

Keputusan ICJ mengenai tindakan darurat yang diminta Nikaragua diperkirakan akan dikeluarkan dalam beberapa minggu mendatang. Keputusan akhir mengenai pokok perkara biasanya memakan waktu bertahun-tahun dan pengadilan tidak mempunyai kewenangan untuk menegakkannya.

Pada bulan Januari, sebagai tanggapan atas tuduhan dari Afrika Selatan, ICJ memutuskan bahwa klaim Israel melanggar beberapa hak yang dijamin berdasarkan konvensi genosida adalah masuk akal dan menyerukan penghentian untuk menghentikan potensi tindakan genosida.

Israel mengatakan perangnya melawan Hamas, bukan warga sipil.

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Pengadilan Dunia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :