Selasa, 30/04/2024 00:03 WIB

Sebagian Wilayah Indonesia Diprediksi Hujan Lebat Saat Lebaran

Hujan diperkirakan turun di sejumlah wilayah di Indonesia dengan beberapa provinsi berstatus waspada 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)

Jakarta, Jurnas.com - Perayaan Idulfitri 1 Syawal 1445 H Rabu 10 April 2024, berpotensi disambut hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat di pagi hari.

BMKG juga memprediksi akan disertai dengan petir dan angin kencang. Hujan diperkirakan turun di sejumlah wilayah di Indonesia dengan beberapa provinsi berstatus waspada akibat dari dampak hujan yang lebat.

Beberapa provinsi tersebut ialah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Bengkulu, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, hingga Kalimantan Timur.

Selain itu, BMKG juga memprakirakan beberapa wilayah di provinsi Papua, Papua Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, dan Jambi berstatus waspada akibat dari dampak hujan yang sangat lebat.

Sementara untuk wilayah DKI Jakarta, beberapa wilayah mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari, yakni Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Kepulauan Seribu. Adapun untuk wilayah Jakarta Pusat dan Utara, BMKG memprakirakan dua wilayah tersebut hanya akan mengalami cuaca berawan di pagi hari.

Dikutip dari Antara, di siang hari, seluruh wilayah DKI Jakarta akan serentak mengalami hujan, baik dengan intensitas ringan maupun sedang. BMKG memprakirakan hujan di DKI Jakarta akan berhenti dan hanya akan mengalami cuaca berawan pada malam hari.

BMKG sebelumnya menyebut potensi cuaca ekstrem akan terjadi selama arus perjalanan mudik Lebaran Idul Fitri 2024 di Jawa Timur hingga beberapa daerah di Indonesia bagian timur berpotensi meningkat seiring timbulnya bibit siklon 96S.

"Bibit siklon 96S tersebut teridentifikasi timbul berpusat di sekitar Laut Sawu," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto saat dikonfirmasi dari Karawang, Jawa Barat, Kamis.

Ia menjelaskan, bibit siklon 96S itu mempengaruhi kecepatan angin maksimum berkisar 28-37 kilometer per jam dengan tekanan pada pusatnya sekitar 1.007 mb.

Berdasarkan analisa BMKG diketahui pergerakan angin maksimum akibat tekanan yang ditimbulkan mengarah ke arah barat daya hingga selatan atau menjauhi perairan selatan Nusa Tenggara Timur.

Dia menambahkan, signifikansi kondisi cuaca di wilayah Indonesia ini juga didukung oleh Aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) serta fenomena Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial masih terpantau dan diprediksi aktif di wilayah Indonesia dalam periode yang bersamaan.

Termasuk, suhu muka laut yang hangat juga berperan dalam menyediakan kondisi yang mendukung pertumbuhan awan hujan signifikan di wilayah Indonesia.

KEYWORD :

BMKG Prediksi Cuaca Hari Ini Cuaca di Hari Lebaran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :