Selasa, 30/04/2024 00:11 WIB

Menhub Minta Semua Unsur Pastikan Kelancaran Arus Balik Lebaran

Dia mengingatkan semua unsur agar mempersiapkan dan memastikan arus balik dapat pula berjalan lancar.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta semua unsur agar mempersiapkan dan memastikan arus balik Lebaran Idul Fitri 2024 M/1445 Hijriah dapat berjalan aman dan lancar.

“Hari ini saya sengaja ke Cirebon dan beberapa titik lainnya untuk memastikan kesiapan arus balik Lebaran dapat berjalan lancar sekaligus memberikan motivasi kepada para petugas yang berjaga di posko angkutan Lebaran agar senantiasa semangat dalam menjalankan tugas,” kata Budi di sela meninjau sejumlah titik pelaksanaan operasional arus mudik dan balik Lebaran 2024 di Jawa Barat, Selasa 10 April 2024

Budi dalam keterangan resmi di Jakarta menyampaikan arus mudik telah berjalan baik, sehingga dia mengingatkan semua unsur agar mempersiapkan dan memastikan arus balik dapat pula berjalan lancar.

“Sekalipun hari ini lalu lintas landai, justru kita pakai untuk memetakan keadaan yang biasanya itu padat,” ucap Budi.

Budi meninjau beberapa lokasi yakni Stasiun Kereta Api Cirebon, Posko Angkutan Lebaran Cadangpinggan Polres Indramayu, Posko Angkutan Lebaran Pilangsari, Posko Angkutan Lebaran Rest Area KM 166 Cipali.

Selain itu, Command Centre Korlantas Polri KM 188 Cipali sekaligus Menhub melakukan video conference (vicon) dengan posko angkutan Lebaran seluruh Indonesia untuk pastikan kesiapan arus balik.

Dalam peninjauan Menhub juga membagikan bingkisan Lebaran kepada sejumlah penumpang dan para petugas yang berjaga di posko-posko tersebut.

Menhub menjelaskan, jalur arteri di wilayah Cirebon sejauh ini tidak begitu padat. Namun demikian, tetap harus dipastikan bahwa jalur tersebut tetap dapat dilalui dengan lancar, khususnya untuk arus balik nanti.

Sementara terkait rekayasa lalu lintas, seperti contraflow, one way, dan ganjil genap, Menhub mengatakan langkah tersebut masih dibutuhkan untuk mengurai kepadatan kendaraan saat arus balik.

“Yang pasti, apa yang kita lakukan berusaha untuk memberikan keselamatan bagi masyarakat yang mudik dan balik,” ungkap Menhub.

Menhub menuturkan bahwa KM 188 Cipali merupakan titik tengah antara Jakarta dan Semarang, di mana biasanya di lokasi ini pemudik mengalami kelelahan.

"Jadi, saya minta kepada petugas di sini, jika melihat pemudik yang kelelahan agar segera diarahkan masuk ke rest area,” tambahnya.

Menhub mengimbau masyarakat agar mempersiapkan perjalanannya sebaik mungkin. Bagi yang menggunakan mobil, pastikan kondisinya sehat, sedangkan yang menggunakan kendaraan umum, pastikan kelaikan operasi setiap armada dengan mengecek di aplikasi MitaraDarat.

“Intinya, masyarakat harus memilih kendaraan yang berkeselamatan,” terang Budi.

Menhub mengapresiasi seluruh pemangku kepentingan, baik itu TNI/Polri, Pemda, serta operator jalan tol yang telah mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2024. Ia berharap agar seluruh pihak dapat terus berkoordinasi dan berkolaborasi dalam menyukseskan arus balik nanti.

Dalam kesempatan tersebut, Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengimbau masyarakat agar menghindari arus balik pada tanggal 13 dan 14 April 2024.

“Kita sudah pengalaman dari arus mudik, kita harapkan di arus balik jangan sampai terjadi penumpukan lagi,” kata Yusri.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono.

 
KEYWORD :

Menhub Budi Karya Lebaran 2024 Arus Balik Mudik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :