Rabu, 08/05/2024 21:47 WIB

Pembicaraan Pertama Xi-Biden dalam Empat Bulan, Bahas Hubungan China dengan Filipina-Taiwan

Pembicaraan Pertama Xi-Biden dalam Empat Bulan, Bahas Hubungan China dengan Filipina-Taiwan

Presiden Tiongkok Xi Jinping melambai saat dia berjalan bersama Presiden AS Joe Biden di Woodside, California, AS, 15 November 2023. REUTERS

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berupaya meredakan ketegangan terkait Laut Cina Selatan dan pelantikan presiden Taiwan pada bulan Mei melalui telepon dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, yang merupakan pembicaraan langsung pertama mereka sejak pertemuan pada bulan November.

Biden menggunakan seruan tersebut untuk menekankan “pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan dan supremasi hukum serta kebebasan navigasi di Laut Cina Selatan,” kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Xi mengatakan hubungan antara Tiongkok dan AS mulai stabil, namun memperingatkan bahwa mereka bisa “terjerumus ke dalam konflik atau konfrontasi,” menurut kantor berita resmi Tiongkok, Xinhua.

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan pada pengarahan setelah panggilan telepon tersebut bahwa Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken akan melakukan perjalanan ke Tiongkok dalam beberapa minggu mendatang. Hal ini menyusul perjalanan Menteri Keuangan Janet Yellen minggu ini.

Percakapan selama hampir dua jam antara kedua pemimpin – yang digambarkan oleh Kirby sebagai “bisnis” – terjadi menjelang pertemuan minggu depan antara Biden, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Presiden Filipina Ferdinand Marcos ketika Tiongkok mengerahkan kekuatan militernya.

Pada hari Senin, seorang pejabat senior pemerintah AS mengatakan militer AS dan Tiongkok akan mengadakan perundingan maritim minggu ini di Honolulu. Washington telah menyatakan keprihatinannya atas penggunaan meriam air oleh penjaga pantai Tiongkok terhadap kapal-kapal Filipina di dekat Second Thomas Shoal di bagian Laut Cina Selatan yang disengketakan.

Meningkatnya pertikaian diplomatik dan pertikaian maritim baru-baru ini antara kedua negara Asia telah menjadikannya potensi konflik antara AS dan Tiongkok.

Beijing mengklaim sebagian besar wilayah Laut Cina Selatan, yang terkadang bertentangan dengan hukum internasional.

“Tiongkok tampaknya bertekad untuk terus menjalankan operasi zona abu-abu ini, sehingga mendorong aliansi AS-Filipina dan hubungan keamanan Filipina-Jepang semakin erat, yang akan kita lihat minggu depan,” kata Gregory Poling, pakar Laut Cina Selatan di Pusat untuk Studi Strategis dan Internasional, mengacu pada pertemuan puncak trilateral di Washington.

Xi dan Biden juga membahas upaya AS untuk memblokir teknologi tertentu AS, termasuk semikonduktor canggih, untuk diekspor ke Tiongkok.

Xi memperingatkan Biden bahwa AS “bukannya mengurangi risiko, melainkan justru menciptakan risiko” dengan menekan perdagangan dan pengembangan teknologi Tiongkok serta menambahkan entitas baru ke dalam daftar sanksi AS.

Biden mengatakan kepada Xi bahwa AS “akan terus mengambil tindakan yang diperlukan untuk mencegah penggunaan teknologi canggih AS untuk melemahkan keamanan nasional kami, tanpa terlalu membatasi perdagangan dan investasi,” menurut Gedung Putih.

Kirby mengatakan Biden menyampaikan kekhawatiran AS terhadap aplikasi media sosial populer TikTok, yang menghadapi usulan undang-undang AS yang akan memaksa pemiliknya di Tiongkok, ByteDance, untuk melakukan divestasi atas masalah keamanan data dan disinformasi.

“Dia menjelaskan kepada Presiden Xi bahwa ini bukan tentang pelarangan aplikasi, melainkan kepentingan kami untuk melakukan divestasi sehingga kepentingan keamanan nasional, dan keamanan data rakyat Amerika dapat terlindungi,” kata Kirby.

Tanggapan Tiongkok terhadap pelantikan presiden Taiwan pada bulan Mei akan menguji stabilitas hubungan antara Beijing dan Washington.

Tiongkok menganggap Taiwan, sebuah pulau dengan pemerintahan sendiri dan pemilihan umum yang demokratis, sebagai bagian dari wilayahnya dan baru-baru ini tidak lagi menyebutkan “reunifikasi secara damai” dari anggaran negaranya. Taiwan sangat keberatan dengan klaim kedaulatan Tiongkok dan mengatakan hanya masyarakat pulau tersebut yang dapat menentukan masa depan mereka.

Wakil Presiden Taiwan saat ini, Lai Ching-te, yang dianggap oleh Beijing sebagai separatis, memenangkan kursi kepresidenan pada bulan Januari dan Beijing telah meningkatkan tekanan terhadap Taiwan menjelang pelantikannya.

Xi mendesak Washington untuk menerjemahkan "komitmen Biden yang tidak mendukung `kemerdekaan Taiwan`" ke dalam tindakan nyata, lapor Xinhua.
Biden dan Xi sepakat pada bulan November untuk membuka kembali komunikasi militer dan bekerja sama untuk mengekang produksi fentanil.

Setelah pertemuan itu, Biden mengatakan kepada wartawan bahwa dia belum mengubah pandangannya bahwa Xi adalah seorang diktator, sebuah komentar yang oleh Tiongkok disebut “sangat tidak masuk akal.”

Namun keduanya tampak berusaha untuk meredakan masa sulit dalam hubungan mereka yang memburuk setelah sebuah balon pengintai milik Tiongkok transit di AS dan ditembak jatuh oleh jet tempur AS tahun lalu.

Panggilan Biden dan Xi juga menyampaikan kekhawatiran AS atas dukungan Tiongkok terhadap perang Rusia melawan Ukraina, praktik perdagangan ekonominya, pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang dan denuklirisasi semenanjung Korea, kata Gedung Putih.

KEYWORD :

China Amerika Xi Biden Taiwan Filipina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :