Senin, 29/04/2024 23:52 WIB

Putin Menangkan Pemilu Rusia dengan Suara Tertinggi dalam Sejarah tanpa Persaingan Serius

Putin Menangkan Pemilu Rusia dengan Suara Tertinggi dalam Sejarah tanpa Persaingan Serius

Vladimir Putin berbicara di markas kampanye pemilu di Moskow, 17 Maret 2024. REUTERS

MOSKOW - Presiden Vladimir Putin meraih rekor kemenangan telak pasca-Soviet dalam pemilu Rusia pada Minggu. Dia memperkuat cengkeraman kekuasaannya yang sudah ketat dalam kemenangan yang menurutnya menunjukkan bahwa Moskow benar dalam menentang Barat dan mengirimkan dukungan pasukan ke Ukraina.

Putin, mantan letnan kolonel KGB yang pertama kali naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 1999, menegaskan bahwa hasil pemilu tersebut harus memberikan pesan kepada Barat bahwa para pemimpinnya harus memperhitungkan keberanian Rusia, baik dalam perang atau damai, untuk menghadapi lebih banyak hal lagi. tahun yang akan datang.

Hasil ini berarti Putin, 71 tahun, akan memulai masa jabatan enam tahun baru yang akan membuatnya menyalip Josef Stalin dan menjadi pemimpin terlama di Rusia selama lebih dari 200 tahun jika ia menyelesaikan masa jabatannya.

Putin meraih 87,8% suara, yang merupakan hasil tertinggi dalam sejarah Rusia pasca-Soviet, menurut jajak pendapat yang dilakukan oleh lembaga jajak pendapat Public Opinion Foundation (FOM). Pusat Penelitian Opini Publik Rusia (VCIOM) menempatkan Putin pada 87%. Hasil resmi pertama menunjukkan bahwa jajak pendapat tersebut akurat. Amerika Serikat, Jerman, Inggris dan negara-negara lain mengatakan pemungutan suara tersebut tidak bebas dan tidak adil karena pemenjaraan lawan politik dan sensor.

Kandidat komunis Nikolai Kharitonov menempati posisi kedua dengan hanya di bawah 4%, pendatang baru Vladislav Davankov ketiga, dan ultra-nasionalis Leonid Slutsky keempat, hasil parsial menunjukkan.

Putin mengatakan kepada para pendukungnya dalam pidato kemenangan di Moskow bahwa ia akan memprioritaskan penyelesaian tugas-tugas yang terkait dengan apa yang ia sebut sebagai "operasi militer khusus" Rusia di Ukraina dan akan memperkuat militer Rusia.

"Kita mempunyai banyak tugas ke depan. Namun ketika kita melakukan konsolidasi - tidak peduli siapa yang ingin mengintimidasi kita, menindas kita - tidak ada seorang pun yang pernah berhasil dalam sejarah, mereka belum berhasil saat ini, dan mereka tidak akan pernah berhasil di masa depan," kata Putin.

Pendukungnya meneriakkan "Putin, Putin, Putin" ketika dia muncul di panggung dan "Rusia, Rusia, Rusia" setelah dia menyampaikan pidato penerimaannya.

Terinspirasi oleh pemimpin oposisi Alexei Navalny, yang meninggal di penjara Arktik bulan lalu, ribuan penentangnya melakukan protes pada siang hari terhadap Putin di tempat pemungutan suara di Rusia dan luar negeri.
Putin mengatakan kepada wartawan bahwa dia menganggap pemilu Rusia berlangsung demokratis dan mengatakan protes yang diilhami Navalny terhadap dirinya tidak berdampak pada hasil pemilu.

Dalam komentar pertamanya mengenai kematiannya, dia juga mengatakan bahwa meninggalnya Navalny merupakan "peristiwa menyedihkan" dan menegaskan bahwa dia siap melakukan pertukaran tahanan yang melibatkan politisi oposisi tersebut.

Ketika ditanya oleh NBC, sebuah jaringan TV AS, apakah terpilihnya kembali dirinya demokratis, Putin mengkritik sistem politik dan peradilan AS.
“Seluruh dunia menertawakan apa yang terjadi (di Amerika Serikat),” katanya. “Ini hanya sebuah bencana, bukan demokrasi.”

"Apakah demokratis jika menggunakan sumber daya administratif untuk menyerang salah satu calon presiden Amerika Serikat, antara lain dengan menggunakan sistem peradilan?" tanyanya, dengan jelas merujuk pada empat kasus kriminal yang menimpa kandidat Partai Republik Donald Trump.

Pemilu di Rusia terjadi dua tahun setelah Putin memicu konflik paling mematikan di Eropa sejak Perang Dunia Kedua dengan memerintahkan invasi ke Ukraina.

Perang telah berlangsung selama tiga hari pemilu: Ukraina telah berulang kali menyerang kilang minyak di Rusia, menembaki wilayah-wilayah Rusia dan berusaha menembus perbatasan Rusia dengan pasukan proksi – sebuah tindakan yang menurut Putin tidak akan dibiarkan begitu saja.

Putin mengatakan Rusia mungkin perlu menciptakan zona penyangga di Ukraina untuk mencegah serangan serupa di masa depan.

Meskipun terpilihnya kembali Putin tidak diragukan lagi mengingat kekuasaannya atas Rusia dan tidak adanya penantang nyata, mantan mata-mata KGB itu ingin menunjukkan bahwa ia mendapat dukungan besar dari Rusia.

Tingkat partisipasi pemilih secara nasional adalah 74,22% pada pukul 18.00 GMT ketika pemungutan suara ditutup, kata pejabat pemilu, melampaui tingkat tahun 2018 sebesar 67,5%.

Tidak ada penghitungan independen mengenai berapa banyak dari 114 juta pemilih di Rusia yang ambil bagian dalam demonstrasi oposisi, di tengah pengamanan ketat yang melibatkan puluhan ribu polisi dan petugas keamanan.

Wartawan Reuters melihat peningkatan arus pemilih, terutama generasi muda, pada siang hari di TPS di Moskow, St Petersburg dan Yekaterinburg, dengan antrean beberapa ratus orang bahkan ribuan.

Beberapa mengatakan bahwa mereka melakukan protes, meskipun hanya ada sedikit tanda-tanda yang membedakan mereka dari pemilih biasa.

Setidaknya 74 orang ditangkap pada hari Minggu di seluruh Rusia, menurut OVD-Info, sebuah kelompok yang memantau tindakan keras terhadap perbedaan pendapat.

Selama dua hari sebelumnya, terjadi berbagai insiden protes ketika sejumlah warga Rusia membakar bilik suara atau menuangkan pewarna hijau ke dalam kotak suara. Para penentang mengunggah beberapa gambar surat suara yang dimanjakan dengan slogan-slogan yang menghina Putin.

Namun kematian Navalny telah membuat pihak oposisi kehilangan pemimpinnya yang paling tangguh, dan tokoh-tokoh oposisi utama lainnya berada di luar negeri, dipenjara atau meninggal.

Barat menyebut Putin sebagai seorang otokrat dan pembunuh. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan pada hari Minggu bahwa Putin ingin memerintah selamanya dan bahwa pemungutan suara tersebut tidak sah.

Putin menggambarkan perang tersebut sebagai bagian dari pertempuran berabad-abad melawan Barat yang sedang mengalami kemunduran, yang menurutnya mempermalukan Rusia setelah Perang Dingin dengan melanggar batas pengaruh Moskow.

Terpilihnya Rusia terjadi pada saat apa yang dikatakan oleh kepala mata-mata Barat merupakan persimpangan jalan bagi perang Ukraina dan Barat yang lebih luas.

Dukungan terhadap Ukraina terbelit dalam politik dalam negeri AS menjelang pemilihan presiden bulan November.

Meskipun Kyiv merebut kembali wilayahnya setelah invasi pada tahun 2022, pasukan Rusia telah memperoleh keuntungan setelah serangan balasan Ukraina yang gagal tahun lalu.

KEYWORD :

Pemilu Rusia Vladimir Putin Menang Lagi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :