Senin, 29/04/2024 23:47 WIB

Ribuan Warga Rusia Melawan Putin dengan Protes Damai dan Simbolis saat Pencoblosan

Ribuan Warga Rusia Melawan Putin dengan Protes Damai dan Simbolis saat Pencoblosan

Orang-orang mengantri untuk memasuki TPS sekitar tengah hari pada hari terakhir pemilihan presiden di Moskow, 17 Maret 2024. REUTERS

MOSKOW - Ribuan orang hadir di tempat pemungutan suara di seluruh Rusia pada Minggu untuk mengambil bagian dalam apa yang dikatakan oleh oposisi anti-Kremlin sebagai protes politik yang damai namun simbolis terhadap terpilihnya kembali Presiden Vladimir Putin.

Dalam aksi yang disebut "Noon Againts Putin" atau "Siang Melawan Putin", warga Rusia yang menentang pemimpin veteran Kremlin pergi ke TPS setempat pada tengah hari untuk merusak surat suara mereka sebagai protes atau memilih salah satu dari tiga kandidat yang menentang Putin, yang diperkirakan banyak orang. untuk menang telak.

Yang lain bersumpah untuk menuliskan nama mendiang pemimpin oposisi Alexei Navalny, yang meninggal bulan lalu di penjara Arktik, di kertas suara mereka.

Sekutu Navalny menyiarkan video di YouTube yang menunjukkan barisan orang yang mengantri di berbagai TPS di seluruh Rusia pada tengah hari, yang menurut mereka berada di sana untuk melakukan protes secara damai.

Navalny telah mendukung rencana "Siang Melawan Putin" dalam pesan di media sosial yang difasilitasi oleh pengacaranya sebelum dia meninggal. Surat kabar independen Novaya Gazeta menyebut rencana aksi tersebut sebagai "perjanjian politik Navalny".

"Harapannya sangat kecil, tetapi jika Anda bisa melakukan sesuatu (seperti ini) Anda harus melakukannya. Tidak ada yang tersisa dari demokrasi," kata seorang perempuan muda, yang tidak disebutkan namanya dan wajahnya diburamkan oleh tim Navalny. di satu TPS.

Wanita muda lainnya di TPS lain, yang identitasnya disamarkan dengan cara yang sama, mengatakan bahwa dia memilih kandidat yang “paling tidak meragukan” dari tiga kandidat yang mencalonkan diri melawan Putin.

Seorang pelajar laki-laki yang memberikan suara di Moskow mengatakan kepada saluran Navalny bahwa orang-orang seperti dia yang tidak setuju dengan sistem saat ini harus terus menjalani kehidupan mereka.
“Sejarah telah menunjukkan bahwa perubahan terjadi pada saat yang paling tidak terduga,” katanya.

Meskipun terdapat pengunjuk rasa – yang mewakili sebagian kecil dari 114 juta pemilih di Rusia – Putin siap untuk memperketat cengkeramannya pada kekuasaan dalam pemilu yang pasti akan memberinya kemenangan besar.

Kremlin menyebut sekutu politik Navalny – yang sebagian besar berbasis di luar Rusia – sebagai ekstremis berbahaya yang ingin mengacaukan negara itu atas nama Barat. Laporan tersebut mengatakan bahwa Putin menikmati dukungan yang luar biasa dari masyarakat awam Rusia, berdasarkan jajak pendapat yang menunjukkan tingkat dukungan terhadap Putin di atas 80%.

Dengan luasnya daratan Rusia yang tersebar di 11 zona waktu, para pemilih yang melakukan protes tersebar dan tidak terkonsentrasi dalam satu massa, sehingga sulit untuk memperkirakan berapa banyak orang yang hadir dalam aksi protes tersebut.

Jumlah antrian di setiap TPS yang ditampilkan di saluran Navalny berkisar dari beberapa lusin orang hingga beberapa ratus orang.

Jurnalis Reuters melihat sedikit peningkatan arus pemilih, terutama kaum muda, pada siang hari di beberapa TPS di Moskow dan Yekaterinburg, dengan antrean beberapa ratus orang. Beberapa mengatakan mereka melakukan protes meskipun tidak ada tanda-tanda yang membedakan mereka dari pemilih biasa.

Leonid Volkov, seorang ajudan Navalny di pengasingan yang diserang dengan palu pekan lalu di Vilnius, memperkirakan ratusan ribu orang telah datang ke tempat pemungutan suara di Moskow, St Petersburg, Yekaterinburg dan kota-kota lain.

Reuters tidak dapat memverifikasi perkiraan tersebut secara independen.
Di tempat pemungutan suara di misi diplomatik Rusia mulai dari Australia dan Jepang hingga Armenia, Kazakhstan, dan Georgia, ratusan warga Rusia mengantri pada siang hari.

Di Berlin, Yulia, janda Navalny, muncul di kedutaan Rusia untuk ikut serta dalam acara protes di sana bersama Kira Yarmysh, juru bicara Navalny. Warga Rusia lainnya yang hadir bertepuk tangan dan meneriakkan namanya.

KEYWORD :

Pemilu Rusia Anti Perang Suara Putin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :