Senin, 29/04/2024 23:51 WIB

Pertama dalam Dua Bulan Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik Lagi ke Arah Selatan

Pertama dalam Dua Bulan Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik Lagi ke Arah Selatan

Bendera Korea Utara (Foto: AFP)

SEOUL - Korea Utara menembakkan rudal balistik jarak pendek ke laut pada hari Senin untuk pertama kalinya dalam dua bulan, ketika Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengunjungi Seoul untuk menghadiri konferensi yang diselenggarakan oleh Presiden Yoon Suk Yeol tentang memajukan demokrasi.

Militer Korea Selatan mengatakan beberapa rudal jarak pendek terbang sekitar 300 km (186 mil) setelah ditembakkan antara pukul 07:44 dan 08:22 (2244 hingga 2322 GMT Senin) dari Pyongyang, ibu kota Korea Utara, dan mendarat di lepas pantai timur.

Mereka mengecam peluncuran tersebut sebagai “provokasi yang jelas” dan mengatakan pihaknya berbagi informasi mengenai peluncuran tersebut dengan Amerika Serikat dan Jepang.

Kementerian Pertahanan Jepang menyatakan tiga rudal diluncurkan dan menempuh jarak sekitar 350 km, dengan ketinggian maksimum 50 km.
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengutuk peluncuran tersebut setelah penjaga pantai negaranya juga melaporkan penembakan yang tampaknya merupakan rudal balistik dan menyebutkan bahwa kapal tersebut telah mengakhiri penerbangannya.

Jepang kemudian mengatakan bahwa mereka telah mendeteksi apa yang tampaknya merupakan peluncuran rudal balistik kedua oleh Korea Utara, dan keduanya berada di luar wilayah zona ekonomi eksklusifnya.

“Serangkaian tindakan Korea Utara mengancam perdamaian dan keamanan kawasan kami dan komunitas internasional, dan benar-benar tidak dapat diterima,” kata Kishida, seraya menyebut peluncuran tersebut sebagai pelanggaran terhadap resolusi PBB.

Militer Korea Utara telah melakukan latihan menggunakan senjata konvensional dalam beberapa pekan terakhir, sering kali diawasi secara pribadi oleh pemimpin negara terisolasi tersebut, Kim Jong Un.

Unjuk kekuatan yang dilakukan Pyongyang terjadi tepat setelah militer Korea Selatan dan Amerika Serikat menyelesaikan latihan militer gabungan tahunan skala besar selama 10 hari pada Kamis lalu.

Pada hari Minggu, militer Korea Selatan juga mengerahkan marinir, helikopter serang, dan kendaraan serbu amfibi dalam latihan yang bertujuan meningkatkan jumlah pasukan untuk memperkuat pulau-pulau barat dekat perbatasan laut dengan Korea Utara. Korea Utara menembaki pulau-pulau tersebut pada tahun 2010.

Blinken termasuk di antara pejabat senior dari seluruh dunia yang menghadiri konferensi KTT Demokrasi, yang dibuka pada hari Senin. Dia juga akan bertemu dengan rekannya dari Korea Selatan, Menteri Luar Negeri Cho Tae-yul.

KTT ini merupakan inisiatif Presiden AS Joe Biden yang bertujuan untuk membahas cara-cara menghentikan kemunduran demokrasi dan erosi hak dan kebebasan di seluruh dunia.

Dalam peluncuran balistik terakhirnya pada 14 Januari, Korea Utara menembakkan rudal hipersonik jarak menengah yang menggunakan bahan bakar padat untuk menguji mesin booster baru dan hulu ledak yang dapat bermanuver.

Sebulan kemudian, negara tersebut meluncurkan beberapa rudal jelajah di lepas pantai timurnya, termasuk yang dikatakan sebagai rudal anti-kapal baru.

KEYWORD :

Korea Utara Rudal Balistik Korsel Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :