Kamis, 09/05/2024 10:20 WIB

Biden Umumkan akan Bangun Pelabuhan Sementara untuk Salurkan Bantuan ke Gaza

Biden Umumkan akan Bangun Pelabuhan Sementara untuk Salurkan Bantuan ke Gaza

Loadmaster Angkatan Udara AS melepaskan palet bantuan kemanusiaan berisi makanan dan air di atas Gaza, 2 Maret 2024. Handout via REUTERS

WASHINGTON - Militer AS akan membangun pelabuhan sementara di pantai Mediterania Gaza untuk menerima bantuan kemanusiaan melalui laut, kata Presiden Joe Biden dalam pidato kenegaraannya pada Kamis.

Perencanaan operasi tersebut, yang awalnya berbasis di pulau Siprus, tidak membayangkan penempatan personel militer AS di Gaza.

Pengumuman Biden ini muncul ketika ia berusaha meredakan kemarahan di antara banyak anggota Partai Demokrat atas dukungannya terhadap Israel dalam serangan di Gaza sejak 7 Oktober, mengingat banyaknya korban jiwa warga sipil di wilayah kantong Palestina.

Pejabat senior pemerintah yang telah menjelaskan kepada wartawan mengenai rencana tersebut sebelum pidato tersebut juga mengatakan bahwa Hamas menunda kesepakatan baru dengan Israel mengenai gencatan senjata enam minggu dan pembebasan sandera karena kelompok Islam yang memerintah Gaza belum setuju untuk membebaskan tawanan yang sakit dan lanjut usia.

Kesepakatan itu “sedang didiskusikan saat ini dan sudah berlangsung selama lebih dari seminggu terakhir,” kata seorang pejabat, mengacu pada perundingan yang terhenti di Mesir, dan menambahkan bahwa gencatan senjata sementara diperlukan “untuk memberikan bantuan segera kepada rakyat Gaza.”

Hamas menyalahkan kebuntuan ini karena penolakan Israel terhadap tuntutannya untuk mengakhiri serangan dan menarik pasukannya.
Keputusan Biden untuk memerintahkan pembangunan pelabuhan sementara itu terjadi di tengah peringatan PBB tentang kelaparan yang meluas di antara 2,3 juta warga Palestina di wilayah kantong tersebut setelah hampir lima bulan pertempuran antara pasukan Israel dan Hamas.

Sebagian besar wilayah Gaza telah hancur dan sebagian besar penduduknya mengungsi akibat pemboman dan pertempuran sengit Israel yang dipicu oleh serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel.

Israel mengatakan serangan Hamas merenggut 1.200 nyawa dan menyebabkan kelompok Islam tersebut menculik 253 sandera.
Dalam pidatonya, Biden mengatakan lebih dari 30.000 warga Palestina telah terbunuh. “Sebagian besar dari mereka bukan Hamas,” tambahnya. "Ribuan lainnya adalah perempuan dan anak-anak yang tidak bersalah."

Biden mengatakan kepada Kongres bahwa dia mengarahkan militer AS untuk memimpin misi darurat untuk mendirikan “dermaga sementara” di pantai Gaza untuk menerima kapal yang membawa makanan, air, obat-obatan, dan tempat perlindungan sementara.

“Tidak ada pasukan AS yang akan mendarat,” tambahnya.
Washington akan bekerja sama dengan mitra dan sekutu Eropa dan regional untuk membangun koalisi internasional negara-negara yang akan menyumbangkan kemampuan dan dana, kata para pejabat.

Seorang pejabat Israel mengatakan Israel “mendukung sepenuhnya penempatan dermaga sementara” di pantai Gaza dan operasi tersebut akan dilakukan “dengan koordinasi penuh antara kedua pihak.”

Sigrid Kaag, koordinator kemanusiaan dan rekonstruksi PBB untuk Gaza, menyambut baik bergabungnya Washington dalam inisiatif yang dikembangkan oleh Siprus untuk menciptakan koridor maritim untuk mengirimkan barang ke Gaza.

"Kami menyambut baik hal ini. Pada saat yang sama, saya tidak bisa tidak mengulanginya - udara dan laut bukanlah pengganti daratan dan tidak ada yang mengatakan sebaliknya," kata Kaag kepada wartawan pada Kamis pagi setelah memberikan pengarahan kepada Dewan Keamanan PBB secara tertutup.

Meskipun Israel meningkatkan jumlah truk pembawa bantuan yang diizinkan masuk ke Gaza dan Amerika Serikat serta negara-negara lain telah mengirimkan pasokan melalui udara, bantuan yang masuk masih belum mencukupi, kata salah satu pejabat AS.

“Kami tidak menunggu Israel” untuk memberikan lebih banyak bantuan, tambah pejabat itu. "Ini adalah momen bagi kepemimpinan Amerika."

Pelabuhan sementara itu akan meningkatkan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina dan para pejabat di sana akan bekerja sama dengan PBB dan organisasi bantuan kemanusiaan yang “memahami distribusi bantuan di Gaza,” kata pejabat itu.

Operasi tersebut akan memakan waktu beberapa minggu untuk direncanakan dan dilaksanakan, kata pejabat tersebut, seraya menambahkan bahwa pasukan AS yang dibutuhkan berada di wilayah tersebut atau akan segera mulai dipindahkan ke sana.

Operasi tersebut akan melanjutkan inisiatif Siprus yang menyerukan pengumpulan bantuan kemanusiaan di kota pelabuhan Larnaca, 210 mil laut dari Gaza, kata para pejabat.

Hal ini akan memungkinkan para pejabat Israel untuk menyaring kiriman sebelum mereka menuju ke Gaza.

Meskipun pelabuhan sementara tersebut pada awalnya akan dikelola oleh militer, Washington membayangkan pelabuhan tersebut akan menjadi fasilitas yang dikelola secara komersial, kata pejabat itu.

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Penyaluran Bantuan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :