Selasa, 14/05/2024 23:46 WIB

Ketua Komisi VII DPR: PLTS Nusa Penida Bisa Jadi Pelopor EBET di Indonesia

PLTS Nusa Penida mempunyai 3,5 MWac, ini adalah sebuah langkah awal dan strategis bagi transisi energi yang diwujudkan dengan membangun PLTS yang berada di pulau Nusa Penida.

Ketua Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto saat bertukar cenderamata usai pertemuan di Denpasar, Bali. (Foto: Dok. Parlementaria)

Jakarta, Jurnas.com - Komisi VII DPR RI melaksanakan kunjungan kerja spesifik ke PT PLN Denpasar, Bali, kemarin. Rombongan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto.

Menurut dia langkah PT PLN Provinsi Bali yang telah membangun PLTS Hybrid Nusa Penida diharapkan dapat memulai sedikit demi sedikit upaya menekan emisi bahan bakar fosil yang sangat besar.

"PLTS Nusa Penida mempunyai 3,5 MWac, ini adalah sebuah langkah awal dan strategis bagi transisi energi yang diwujudkan dengan membangun PLTS yang berada di pulau Nusa Penida, dan memperoleh pengalaman empirik dimana mengganti energi fosil dengan energi baru sehingga bisa ditingkatkan untuk cakupan yang lebih luas lagi," katanya dalam keterangan resmi dikutip Jumat (8/3).

Lebih lanjut, Politikus NasDem ini juga mempertanyakan Kementerian ESDM yang di dukung oleh PLN mengenai rasio elektrifikasi. Dimana tingkat elektrifikasi di Indonesia sebesar 99,54 persen tetapi berbeda dengan data faktual yang ditemukan.

Faktanya, lanjut dia, masih banyak desa yang belum mendapatkan sumber daya listrik. Karenanya, Komisi VII DPR RI mencoba untuk mencocokkan data kembali agar kedepannya dapat menerapkan Energi Baru Terbarukan (EBET) di seluruh Indonesia.

"Disebutkan oleh Pemerintah juga di dukung oleh oleh PT PLN tingkat elektrifikasi kita sudah mencapai 99,54 persen hanya tinggal kurang lebih 0,46 persen saja yang kurang, kurang lebih 450 ribu rumah tangga yang belum teraliri listrik, tetapi faktanya banyak masyarakat di desa-desa yang belum mendapatkan langsung sambungan listrik, maka dari itu kita harus mencocokkan kembali data-datanya dengan PT PLN supaya jaringan listrik dapat menjangkau desa-desa terjauh sekalipun," tutupnya.

 

KEYWORD :

Warta DPR Ketua Komisi VII Sugeng Suparwoto Kunjungan Kerja Spesifik PLN




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :