Kamis, 09/05/2024 14:13 WIB

Alami Ancaman soal Gaza, Anggota Parlemen Inggris Khawatirkan Keselamatan

Alami Ancaman soal Gaza, Anggota Parlemen Inggris Khawatirkan Keselamatan

Orang-orang mengibarkan bendera Israel dan Inggris saat unjuk rasa menentang antisemitisme di London, 26 November 2023. Foto: REUTERS

LONDON - Sepuluh menit teriakan tuduhan sebagai "pendukung genosida" dan "tangan yang berlumuran darah" membuat seorang anggota parlemen Inggris khawatir akan keselamatannya atas keputusannya menyuarakan dukungan bagi Israel dalam perangnya dengan Hamas.

Hampir bersentuhan hidung dengan penuduhnya sebelum pergi dan memperingatkan bahwa dia akan memanggil polisi, anggota oposisi Partai Buruh tersebut mengatakan bahwa insiden di sebuah kota di daerah pemilihannya hanyalah yang terbaru dari beberapa insiden yang membuatnya mengubah perilakunya.

Dia kini memastikan dirinya duduk di dekat pintu angkutan umum dan membatasi pertemuan dengan masyarakat.
“Rasanya hanya perlu satu percikan untuk beralih dari seseorang yang memberi Anda sikap bodoh (kritik) di jalan, dan kemudian meningkat menjadi kekerasan yang sebenarnya,” kata anggota parlemen tersebut.

Setelah serangan Hamas pada 7 Oktober yang memicu perang di Gaza, lebih dari 10 politisi Inggris yang dihubungi oleh Reuters mengatakan pelecehan yang ditujukan kepada mereka semakin intens. Setidaknya ada satu orang yang menyebut hal ini sebagai faktor dalam memutuskan untuk tidak mencalonkan diri lagi di parlemen pada pemilu akhir tahun ini.

Semua yang berbicara tanpa ingin disebutkan namanya mengatakan bahwa mereka takut jika menyebutkan nama mereka akan meningkatkan ancaman dan pelecehan.

Konflik di wilayah Palestina telah meningkatkan ketegangan di seluruh dunia, menyebabkan pengunjuk rasa turun ke jalan untuk mendukung kedua belah pihak dan menimbulkan perbedaan pendapat di antara para pemimpin mengenai cara mengakhiri pertumpahan darah.

Di Inggris, bahkan para politisi yang sudah tidak asing lagi menerima pelecehan dari masyarakat mengatakan bahwa hal tersebut telah menjadi buruk dan berbahaya, dan beberapa orang khawatir hal tersebut dapat dengan mudah berubah menjadi kekerasan.

Banyak yang mempertimbangkan untuk mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri mereka sendiri, seperti mengenakan rompi tikam saat rapat atau membangun ruang aman.

Pekan lalu, ketua parlemen Lindsay Hoyle membuat parlemen kacau balau ketika ia melanggar preseden yang mengizinkan tiga partai utama menetapkan posisi mereka dalam seruan gencatan senjata di Gaza. Hal ini dirancang untuk mencegah anggota parlemen dari keharusan memilih antara mendukung gencatan senjata, abstain, atau memberikan suara menentang gencatan senjata untuk mengikuti perintah partainya.

Perdana Menteri Rishi Sunak telah meminta semua pihak untuk “mengambil sikap serius” terhadap masalah ini, namun beberapa anggota parlemen Konservatifnya dituduh Islamofobia dalam tanggapan mereka. Mereka menyangkal tuduhan tersebut.

Kementerian dalam negeri mengumumkan pendanaan senilai 31 juta pound ($39 juta) pada hari Rabu untuk menyediakan ketentuan keamanan baru bagi anggota parlemen dan pejabat lainnya. Hal ini akan digunakan untuk melindungi “proses demokrasi dari gangguan”, katanya.

Namun meskipun pemungutan suara mengenai gencatan senjata telah dibatalkan pada minggu lalu dan tingkat pelanggaran sedikit berkurang, beberapa anggota parlemen telah memutuskan untuk mengundurkan diri, dengan mengatakan bahwa ancaman tersebut sudah tidak dapat ditoleransi.

Kenangan akan dua anggota parlemen – yang satu dibunuh oleh ekstremis sayap kanan pada tahun 2016 dan yang lainnya pada tahun 2021 oleh seorang pria yang terinspirasi oleh ISIS – sangat membekas dalam ingatan kita.

Setelah melihat kantornya di daerah pemilihannya di London Utara menjadi sasaran dugaan serangan pembakaran pada bulan Desember, anggota parlemen Konservatif Mike Freer mengatakan dia mengundurkan diri pada pemilu setelah "serangkaian insiden yang terus-menerus terjadi". Dia telah membela Israel.

Lusinan pengunjuk rasa berdemonstrasi di luar rumah Tobias Ellwood, anggota parlemen Konservatif lainnya, awal bulan ini, dengan tanda-tanda yang menuduhnya “terlibat dalam genosida” di Gaza.

Anggota parlemen dari Partai Buruh yang sekarang mengawasi tempat duduknya di angkutan umum mengatakan bahwa dia telah disarankan oleh polisi untuk memasang partisi di kantor daerah pemilihan atau daerah pemilihannya sehingga orang yang menunggu untuk melihatnya tidak dapat segera mendekatinya.

Dia menggambarkan kampanye email besar-besaran yang terkoordinasi terhadap dirinya dan orang lain. Email-email tersebut, yang dikirim dari berbagai alamat menjelang pemungutan suara gencatan senjata pada 21 Februari, yang tidak memiliki dampak mengikat terhadap pemerintah, menuntut anggota parlemen untuk segera melakukan gencatan senjata dan meminta para menteri untuk menunda penjualan senjata ke Israel.

Anggota parlemen lainnya mengatakan dia telah berdiskusi dengan istrinya untuk memasang ruang aman di rumah.
“Tidak seorang pun harus berpikir untuk memiliki ruang aman hanya karena mereka ingin melayani komunitasnya,” katanya.

Seorang politisi veteran mengatakan ada saat-saat lain ketika kemarahan publik menyebabkan anggota parlemen menjadi pihak yang bertanggung jawab, seperti ketika Inggris keluar dari Uni Eropa, namun ancaman kekerasan di Gaza menandai perubahan yang lebih buruk.

“Saya sudah berdiskusi dengan dua rekan saya tentang penggunaan rompi tikam saat rapat,” ujarnya. "Ini sangat penting."

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Parlemen Inggris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :