Minggu, 28/04/2024 12:36 WIB

SYL, Hasbi Hasan, hingga Rafael Alun Nyoblos di TPS Rutan KPK

KPK melalui kerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, menyediakan dua lokasi TPS

Mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo memberikan hak suara di TPS rutan KPK. (Foto: Jurnas/Gery)

Jakarta, Jurnas.com - Sejumlah tahanan kasus korupsi memberikan hak suara di TPS 901 yang berlokasi di rumah tahanan (rutan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada gedung Merah Putih, Rabu, 14 Februari 2024.

KPK melalui kerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, menyediakan dua lokasi TPS. Pencoblosan telah dimulai sejak pukul 07.00 WIB sampai 13.00 WIB.

Berdasarkan pantau di rutan KPK, tahanan yang telah mencoblos ialah mantan Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono; Sekretaris Mahkamah Agung (MA) nonaktif, Hasbi Hasan.

Kemudian, mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Kementerian Keuangan, Rafael Alun Trisambodo; dan mantan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo.

Syahrul Yasin Limpo yang mengenakan kemeja lengan pendek berwarna putih pun sempat berpose hormat dan menunjukan surat suara kepada awak media.

Adapum TPS pertama berlokasi di rutan KPK pada Gedung Merah Putih. Lokasi ini untuk para tahanan yang berada di Rutan Gedung Merah Putih (K4), Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi (C1), dan Rutan Pomdam Jaya Guntur.

Sementara, TPS kedua berlokasi di Rutan Puspomal, yang akan difasilitasi dari Petugas TPS di sekitar lokasi Puspomal.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri sebelumnya mengungkapka jumlah tahanan KPK saat ini berjumlah 75 orang. Di mana, 67 orang akan mencoblos di lokasi pertama.

"Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetapkan KPU pada Juni 2023 berjumlah 88 orang. Sedangkan saat ini jumlah tahanan KPK berjumlah 75 orang (67 orang di K4, C1, dan Guntur; serta 8 orang di Puspomal)," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Rabu 7 Februari 2024.

Sementara, anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) berjumlah 7 orang yang berasal dari warga sekitar dan petugas Rutan. Fasilitas pencoblosan ini sebagai bentuk komitmen KPK dalam menjamin hak-hak dasar para tahanan.

Sebagai warga negara, kata Ali Fikri setiap tahanan berhak untuk memilih dalam pemilihan umum berdasarkan persamaan hak melalui pemungutan suara yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

Dalam Pilpres 2024 terdapat tiga pasangan calon kandidat yang bersaing memperebutkan suara 204,8 juta rakyat Indonesia yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Para kandidat itu adalah paslon nomor urut 1 yakni mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Ketua DPR yang juga Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Lalu paslon nomor urut 2 Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Wali Kota Solo yang juga putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Terakhir, paslon nomor urut 3 mantan Gubernur Jawa Tengah sekaligus kader PDIP Ganjar Pranowo dan mantan Menko Polhukam Mahfud MD.

KEYWORD :

Pemilu 2024 KPK Tahanan KPK TPS Rutan KPK Syahrul Yasin Limpo Hasbi Hasan Rafael Alun




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :