Kamis, 16/05/2024 08:45 WIB

Susul UGM-UI, Giliran Unhas Bikin Petisi Demokrasi

Pernyataan sikap tersebut dibacakan oleh Guru Besar Fakultas Teknik Unhas Prof. Triyatni Martosenjoyo di halaman rektorat Kampus Unhas Tamalanrea, pada Jumat (2/1).

Universitas Hasanuddin (Unhas) (Foto: Doknet)

Jakarta, Jurnas.com - Forum Guru Besar dan Dosen Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menyampaikan petisi demokrasi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pernyataan sikap tersebut dibacakan oleh Guru Besar Fakultas Teknik Unhas Prof. Triyatni Martosenjoyo di halaman rektorat Kampus Unhas Tamalanrea, pada Jumat (2/1).

Dalam pernyataannya, Forum Guru Besar dan Dosen Unhas mendorong semua warga negara senantiasa menjaga dan mempertahankan Pancasila dan UUD 1945 dalam pelaksanaan Pemilu sebagai instrumen demokrasi.

Juga, mengingatkan Presiden Joko Widodo dan seluruh pejabat negara, aparat hukum, dan para aktor politik yang berada di dalam kabinet pemerintah, supaya tetap berada di koridor demokrasi.

"Serta mengedepankan nilai-nilai kerakyatan dan keadilan sosial serta rasa nyaman dalam berdemokrasi," kata Triyatni.

Forum Guru Besar dan Dosen Unhas meminta KPU, Bawaslu, dan DKPP selaku penyelenggara pemilu agar bekerja secara profesional sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Penyelenggara pemilu senantiasa menjunjung tinggi prinsip independen, transparan, adil, jujur, tidak berpihak, dan teguh menghadapi intervensi pihak manapun," tegas dia.

"Menyerukan kepada masyarakat dan elemen bangsa secara bersama sama mewujudkan iklim demokrasi yang sehat dan bermartabat untuk memastikan pemilu berjalan secara jujur, adil, dan aman agar hasil Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden mendapat legitimasi kuat berbasis penghormatan suara rakyat," imbuh dia.

Sebelumnya, sivitas akademika Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Islam Indonesia (UII), dan Universitas Indonesia (UI) mengeluarkan pernyataan sikap terkait situasi demokrasi saat ini. Yang terbaru, UI menyoroti menurunnya demokrasi di era pemerintahan Jokowi.

KEYWORD :

Pernyataan Sikap Universitas Hasanuddin Unhas Demokrasi Jokowi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :