Kamis, 09/05/2024 15:23 WIB

Tuduh Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Angkut Militernya, Rusia Sebut 74 Orang Tewas

Tuduh Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Angkut Militernya, Rusia Sebut 74 Orang Tewas

Sebuah pesawat angkut militer Rusia jatuh di dekat Yablonovo, Wilayah Belgorod, Rusia, 24 Januari 2024. Foto via Reuters

MOSKOW - Rusia menuduh Ukraina sengaja menembak jatuh sebuah pesawat angkut militer Rusia yang membawa 65 tentara Ukraina yang ditangkap untuk pertukaran tahanan. Seorang pejabat setempat malah mengatakan sebanyak 74 orang dalam pesawat itu tewas.

Media pemerintah Rusia mengatakan enam awak Rusia dan tiga penjaga berada di pesawat angkut militer Ilyushin Il-76 yang ditembak jatuh di dekat kota Belgorod Rusia dekat perbatasan Ukraina.

"Itu benar-benar disengaja. Mereka tahu betul bahwa pesawat itu sedang dalam perjalanan, ke mana tujuannya dan operator sistem rudal permukaan-ke-udara (Ukraina) tidak bisa salah mengira pesawat angkut sebagai pesawat militer atau helikopter sebagai sasarannya," kata Andrei Kartapolov, seorang anggota parlemen di parlemen Rusia dan seorang pensiunan jenderal, mengatakan dalam sebuah wawancara TV dengan outlet SHOT. “Hal itu dilakukan dengan sengaja untuk menyabotase pertukaran tahanan.”

Kartapolov, yang masih memiliki hubungan dekat dengan kementerian pertahanan, mengatakan pesawat itu ditembak jatuh oleh tiga rudal buatan AS yang diproduksi oleh Jerman.

Jika rinciannya benar, maka ini akan menjadi insiden paling mematikan dalam perang yang berlangsung hampir dua tahun di dalam perbatasan Rusia yang diakui secara internasional.

Kementerian Pertahanan Ukraina tidak segera membalas permintaan komentar Reuters. Perusahaan yang dikutip oleh kantor berita Interfax-Ukraina mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki informasi yang dapat dipercaya untuk saat ini namun akan membagikannya jika ada.

Mykhailo Podolyak, penasihat presiden Ukraina, mengatakan kepada Reuters: "Komentar akan disampaikan nanti. Diperlukan waktu untuk mengklarifikasi semua data."

Media Ukraina, Ukrainska Pravda awalnya mengutip sumber-sumber militer yang mengatakan Kyiv menembak jatuh pesawat tersebut karena membawa rudal S-300, namun kemudian mengoreksi cerita tersebut dengan mengatakan bahwa informasi tersebut belum dikonfirmasi oleh sumber lain.

Video yang diposting di aplikasi perpesanan Telegram oleh Baza, saluran yang terhubung dengan layanan keamanan Rusia, dan diverifikasi oleh Reuters, menunjukkan sebuah pesawat besar jatuh ke tanah dekat desa Yablonovo di wilayah Belgorod dan meledak dalam bola api yang besar.

Reuters tidak dapat segera memverifikasi rincian siapa saja yang berada di pesawat tersebut, namun Moskow dan Kyiv secara teratur bertukar tahanan sejak Rusia memulai apa yang mereka sebut sebagai “operasi militer khusus” di Ukraina pada Februari 2022.

Vyacheslav Gladkov, gubernur wilayah Belgorod, mengatakan semua orang di dalam pesawat itu tewas dan pesawat itu jatuh di distrik Korochansky, timur laut kota Belgorod.

Dia mengatakan penyelidik dan pekerja darurat sudah berada di tempat kejadian.

Wilayah Belgorod, yang berbatasan dengan Ukraina, sering mendapat serangan dari Ukraina dalam beberapa bulan terakhir, termasuk serangan rudal pada bulan Desember yang menewaskan 25 orang.

Vyacheslav Volodin, ketua Duma Negara, majelis rendah parlemen Rusia, mengatakan bahwa majelis tersebut akan mempersiapkan permohonan kepada Kongres AS dan Bundestag Jerman “sehingga anggota parlemen mereka pada akhirnya dapat melihat dengan jelas siapa yang mereka biayai, siapa yang mereka bantu. "

"Mereka (Ukraina) menembak jatuh tentara mereka sendiri di udara. Ibu, istri, dan anak-anak mereka sedang menunggu mereka. Mereka mengambil keputusan dan menembak jatuh pilot kami yang tidak berdaya di pesawat angkut militer, yang sedang menjalankan misi kemanusiaan, dengan roket Amerika dan Jerman,” kata Volodin.

Il-76 adalah pesawat angkut militer yang dirancang untuk mengangkut pasukan, kargo, peralatan militer, dan senjata. Biasanya memiliki lima awak dan dapat membawa hingga 90 penumpang.

Kremlin menjawab pertanyaan wartawan bahwa pihaknya sedang menyelidiki situasi tersebut.

KEYWORD :

Rusia Tuduh Ukraina Jatuhkan Pesawat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :