Kamis, 16/05/2024 12:47 WIB

KNPI Boven Digoel Perjuangkan Hak Warga Asli Boven Digoel Dapatkan Pekerjaan

Ketua KNPI Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua Selatan perjuangkan hak-hak warga asli dalam mendapat pekerjaan

Ketua KNPI Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua Selatan Bernolfus Tingge. (Foto: Jurnas/Ist).

Papua, Jurnas.com- Ketua KNPI Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua Selatan Bernolfus Tingge menyesalkan situasi sosial politik, ekonomi dan budaya di wilayah Kabupaten Boven Digoel. Menurutnya, saat ini masyarakat asli Boven Digoel semakin terpinggirkan, di tengah gelombang deras pendatang masuk kesana utamanya setelah pemekaran Provinsi baru Papua Selatan.

Diungkapkan Bernol, kondisi saat ini, masyarakat asli Papua Boven Digoel bukan lagi menjadi tuan di atas tanah mereka sendiri tetapi justru pendatanglah yang seakan-akan menjadi tuan atas tanah mereka.

"Mencermati situasi sekarang dengan adanya daerah otomi baru (DOB) khusus Papua selatan, masyarakat dari luar sangat membludak melampaui batas, wajah baru semakin full dimana-mana. Terlebih khusus kami di Boven Digoel ini Wajah baru semakin membludak," kata Bernol kepada wartawan, Sabtu (6/1/2024).

"Bayangkan situasi ini akan terus berlanjut lalu kami warga asli Boven mewakili suku Muyu, Wambon, Auyu, Kombay, Koroway yang mendiami daerah ini pasti akan terancam. Mata pencarian kami pasti diambil oleh mereka yang entah dari mana saja datangnya dan langsung diberikan KTP. Ini kami tentang karena akan berakibat fatal masyarakat kami terpinggirkan," lanjutnya.

Pihaknya mendesak agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Boven Digoel tidak mengeluarkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) secara sembarang kepada mereka yang tidak jelas alias datang tidak tahu asalnya.

"Bagaimana mereka datang hanya dalam beberapa hari sudah mendapat KTP, ini kan tidak wajar," tukasnya.

Masih menurutnya, sangat merugikan orang asli papua khususnya generasi 5 suku dan generasi Lahir Besar Boven Digoel (Labebodi) maupun penduduk lama yang hendak mengadu nasibnya di dunia pekerjaan, termasuk persaingan di kursi komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boven Digoel. Dari daftar nama-nama yang tercantum yang telah diumumkan Tim Seleksi KPU Boven Digoel, ada indikasi beberapa nama yang berasal dari luar Boven Digoel.

Ia berharap agar kesempatan posisi pekerjaan di Boven Digoel harus diutamakan untuk anak-anak Boven Digoel sehingga menjadi atensi utama TIMSEL KPU sehingga mereka dapat melayani sesuai dengan karakter masyarakat Boven Digoel.

KEYWORD :

Bernolfus Tingge Boven Digoel Pekerjaan Warga Asli




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :