Rabu, 08/05/2024 14:22 WIB

Sahroni Apresiasi Kejagung Usut Ribuan Kasus Korupsi Sepanjang 2023

Sepanjang tahun 2023, JAM Pidsus Kejaksaan Agung (Kejagung) setidaknya menangani 6.601 perkara dugaan korupsi.

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni

 

Jakarta, Jurnas.com - Sepanjang tahun 2023, JAM Pidsus Kejaksaan Agung (Kejagung) setidaknya menangani 6.601 perkara dugaan korupsi. Hal itu belum termasuk kasus dugaan korupsi yang diusut jajaran KPK dan kepolisian.

Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana menyebut, Kejagung telah melakukan penyelamatan kerugian keuangan negara dari kasus korupsi senilai Rp29,9 Triliun. Dimana, mayoritas perkara besar melibatkan para pejabat negara.

Atas capaian besar ini, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni memberi apresiasi kepada Kejagung. Politikus NasDem tersebut melihat, Kejagung telah bekerja dengan sangat baik di segala sektor sepanjang 2023 kemarin.

“Sebagai mitra kerja Kejagung, kami di Komisi III memantau dan melihat langsung kinerja mereka selama setahun kemarin, terutama soal pemberantasan korupsi. Dan saya kira luar biasa, ketegasan Jaksa Agung tidak usah diragukan lagi. Ribuan kasus terbongkar, ratusan hingga ribuan pelaku kejahatan diadili, dan triliunan uang negara diselamatkan. Jadi wajar kalau masyarakat taruh kepercayaan besar pada Kejagung,” ujar Sahroni, kepada wartawan, Rabu (3/1).

Lebih lanjut, Sahroni menilai kinerja Kejagung turut memberi pesan kepada masyarakat terkait penegakkan hukum yang adil di negara ini. Sebab menurut Sahroni, dalam menghadapi dan mengusut suatu perkara, Kejagung tidak pernah setengah-setengah.

“Kinerja Kejagung sekaligus memberi pesan kepada masyarakat bahwa, penegakkan hukum di Indonesia telah kian membaik. Kejagung juga tidak pernah tebang pilih, semuanya diusut tuntas sampai ke aktor utamanya. Jadi persepsi bahwa hukum itu tajam ke bawah dan tumpul ke atas, telah dipatahkan oleh Kejagung. Karena memang tajam ke semua arah,” tambah Sahroni.

Terakhir, Sahroni turut berpesan kepada Kejagung agar terus meningkatkan kewaspadaan dan mengedepankan pencegahan di tahun politik 2024 ini.

“Untuk tahun 2024, saya minta Kejagung jangan kendor pengawasannya. Harus semakin tajam, karena ini tahun politik,” tutup Sahroni.

KEYWORD :

Komisi III DPR Ahmad Sahroni Sahroni Apresiasi Kejagung Usut Ribuan Kasus Korupsi Kasus Korupsi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :