Kamis, 09/05/2024 20:06 WIB

Universitas Terbuka Teken MoU Genjot Akses Perguruan Tinggi

Universitas Terbuka (UT) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Institut Teknologi Sumatera (Itera), dan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) NTB

Konferensi pers Seminar Wisuda Universitas Terbuka (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Universitas Terbuka (UT) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Institut Teknologi Sumatera (Itera), dan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) NTB pada Senin (27/11 di Kampus Pusat UT, Tangerang Selatan.

Hadir dalam acara ini Bupati Muda Mahendrawan, Rektor Itera I Nyoman Pugeg Aryantha, Rektor UNU NTB Baiq Mulianah, dan Koordinator Pokja Kemitraan dan Komunikasi Publik, Direktorat PPG Kemdikbudristek Apriyagung.

Penandatanganan MoU merupakan komitmen UT untuk meningkatkan mutu pendidikan dan memberikan akses yang lebih luas ke perguruan tinggi bagi seluruh masyarakat. MoU ini juga guna meningkatkan kerja sama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Rektor Universitas Terbuka, Ojat Darojat, mengatakan bahwa kerja sama ini mencakup sejumlah bidang. Kerja sama UT dengan Itera dan UNU salah satunya dalam rangka berbagi sumber daya (resource sharing) tenaga pengajar.

"Ketika UT diberikan kesempatan untuk meng-hire para dosen yang mengajar di sana (Itera dan UNU), membantu UT sebagai tenaga tutor atau tutorial online, itu kan bagus buat punya pengalaman bagaimana online pedagogy saat ini, pada saat zaman di mana kita sudah mengintegrasikan kemajuan yang dicapai dalam bidang teknologi pembelajaran," kata Ojat dalam konferensi pers bersama awak media.

"Bagaimana dosen-dosen yang ada di Itera dan UNU NTB, mereka memiliki pemahaman yang lebih baik dalam online pedagogy. Mereka juga punya kapasitas dalam mengembangkan bahan ajar yang didesain untuk pembelajaran jarak jauh," imbuh dia.

Adapun dengan Pemkab Kubu Raya, Kalimantan Barat, Ojat menyebut kerja sama ini meliputi peningkatan kualitas aparatur sipil negara (ASN) dengan melanjutkan studi ke Universitas Terbuka.

"Juga mungkin orang-orang yang bekerja di sektor swasta dan anak-anak muda yang baru lulus SMA dan sudah bekerja di sana, mereka ingin kuliah sambil bekerja, itu merupakan kesempatan bagi UT untuk berkontribusi membangun peningkatan SDM di Kubu Raya," terang Ojat.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, mengatakan peningkatan kualitas SDM para ASN merupakan faktor penting dalam pelayanan masyarakat. Karena itu, lewat kerja sama ini dia akan mendorong para ASN termasuk perangkat desa, tenaga puskesmas kecamatan, hingga guru di Kubu Raya untuk melanjutkan pendidikan jarak jauh di UT.

"Termasuk untuk litbang. Karena yang namanya riset itu bekerja sama dengan kampus-kampus, termasuk UT. Jadi ini solusi untuk percepatan," kata Mahendrawan.

Diketahui, pelaksanaan MoU bersamaan dengan Seminar Wisuda UT Periode I Wilayah 2 Tahun Ajaran 2023/2024, yang dihadiri oleh sekitar 2.100 mahasiswa lulusan program Doktor, Magister, Sarjana, Diploma dan lulusan Program Pendidikan Guru Dalam Jabatan Periode 4 2023 dari berbagai daerah di Tanah Air.

KEYWORD :

Universitas Terbuka Pemkab Kubu Raya Perguruan Tinggi Ojat Darojat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :