Senin, 13/05/2024 08:38 WIB

Bamsoet Minta Mahasiswa UT Siapkan Diri Jadi Enterpreneur

Ketua Majelis Permusyaratan Rakyat (MPR) RI, Bambang Soesatyo, meminta mahasiswa Universitas Terbuka (UT) untuk membangun kepemimpinan yang tidak hanya berorientasi lulus kuliah

Kuliah Umum Universitas Terbuka di Gedung DPR, Jakarta (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Majelis Permusyaratan Rakyat (MPR) RI, Bambang Soesatyo, meminta mahasiswa Universitas Terbuka (UT) untuk membangun kepemimpinan yang tidak hanya berorientasi lulus kuliah, melainkan mampu menciptakan lapangan kerja.

Hal ini disampaikan dalam kegiatan kuliah umum bertajuk `Peran Leaderpreneurship Menuju Indonesia Emas 2045` di Gedung DPR/MPR, Jakarta, pada Rabu (23/11).

"Salah satu caranya melalui menggetoktularkan kisah sukses para tokoh-tokoh muda, pengusaha sukses melalui berbagagi jalur. Ada yang sukses menjadi YouTuber, content creator, sukses dagang, dan sukses jalur politik," kata Bamsoet kepada awak media.

Kegiatan kuliah umum kali ini menghadirkan YouTuber Atta Halilintar. Bamsoet berharap dengan kehadiran Atta mampu menginspirasi mahasiswa untuk menjadi enterpreneur pasca lulus dari Universitas Terbuka.

"Kalau selama ini UT kan kuliahnya daring, ini kesempatan kita kuring bertemu dengan dosen, tokoh yang diharpakan mampu memberikan inspirasi," imbuh dia.

Sementara itu, Rektor Universitas Terbuka, Ojat Darojat menekankan pentingnya mahasiswa tumbuh dan berkembang menjadi seorang enterpreneur di masa depan, sehingga bukan hanya sebagai pencari kerja, namun juga menciptakan lapangan kerja.

"Ketika jadi enterpreneur, mereka enggak hanya butuh modal tetapi juga butuh edukasi tentang bagaimana agar mereka memiliki sifat enterpreneurship yang bagus di masa depan," ujar Ojat.

Diketahui, kepemimpinan dan wirausaha (leaderpreneur) muncul sebagai mercusuar perubahan, mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan peluang kerja, dan menyulut percikan inovasi.

Kemampuan menghadapi tantangan, menginspirasi tim, dan mendorong praktik bisnis yang berkelanjutan menjadi landasan perjalanan Indonesia menuju kejayaan.

KEYWORD :

Ketua MPR Bambang Soesatyo Universitas Terbuka Ojat Darojat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :