Minggu, 28/04/2024 12:08 WIB

INFO KETENAGAKERJAAN

Indonesia Tingkatkan Kerjasama Ketenagakerjaan dengan Azerbaijan

Pemerintah Indonesia menyambut baik tawaran kerjasama bilateral di bidang ketenagakerjaan ini.

Menaker Hanif Dakhiri saat konferensi tingkat menteri tenaga kerja OKI di Jakarta.

Jakarta – Pemerintah Indonesia akan meningkatkan kerjasama dengan Azerbaijan di bidang ketenagakerjaan. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Ketenagakerjaan M.Hanif Dhakiri usai bertemu dengan Deputy Minister, Ministry of Labour and Social Protection of Regulation Republic of Azerbaijan, Martim Karimli di kantor Kemnaker, Rabu (12/4).

Pemerintah Indonesia menyambut baik tawaran kerjasama bilateral di bidang ketenagakerjaan  ini. Diharapkan kerjasama ini akan semakin memperkuat hubungan kedua negara.

“Saya harap kerjasama dapat dilaksanakan secara konkrit sesuai kebutuhan masing-masing negara, tidak hanya sekadar tanda tangan dokumen MoU saja,”ujar Menaker Hanif.

Beberapa ruang lingkup kerjasama yang akan dibahas lebih lanjut oleh tim teknis kedua negara yaitu, jaminan sosial, perlindungan tenaga kerja migran, serta pelatihan vokasi dalam rangka skills development. Khusus untuk jaminan sosial, pemerintah Azerbaijan diketahui memiliki kebijakan dan standar implementasi yang mengadopsi standar Uni Eropa.

“Untuk itu saya harap pemerintah Azerbaijan dapatsharing knowledge juga pengalaman kepada Pemerintah RI dalam mmerumuskan dan mengimplementasikan kebijakan jaminan sosial,” katanya.

Untuk pelatihan vokasi untuk generasi muda, kerjasama yang diharapkan yaitu berupa investasi pelatihan kerja di Indonesia. Menaker melanjutkan, pemerintah Indonesia, terbuka bagi investasi asing terutama di bidang pelatihan kerja.

Sementara untuk perlindungan penempatan tenaga kerja migran, dalam pertemuan Menaker kembali menegaskan bahwa pemerintah saat ini fokus untuk mengirimkan skilled workers. Upaya peningkatan perlindungan juga terus dilakukan baik melalui perundingan bilateral maupun dalam forum multilateral.

“Melalui kerjasama ini, saya harap pemerintah Azerbaijan dapat mendukung kebijakan pemerintah RI dalam hal perlindungan dan kesejahteraan tenaga kerja migran di negara-negara penempatan,”ungkapnya.

Dalam pertemuan juga dibahas mengenai dukungan Indonesia dalam rencana pendirian Statue OIC Labor Centre di Baku, Azerbaijan yang akan diresmikan tahun ini. Turut hadir dalam pertemuan Duta Besar Azerbaijan untuk Indonesia, Tamerlan Qarayev, dan jajaran pejabat Kemnaker.

KEYWORD :

info ketenagakerjaan hanif dakhiri menaker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :