Minggu, 12/05/2024 18:54 WIB

Berusia 100 Tahun, Minuman Soda Mesir Kembali Bangkit Usai Warga Boikot Produk Israel

 
Berusia 100 Tahun, Minuman Soda Mesir Kembali Bangkit Usai Warga Boikot Produk Israel
 
 

Logo asli Spiro Spathis, merek minuman soda tertua di Mesir, bergambar seekor lebah, menandai profesi asli pendiri perusahaan – peternak lebah. (FOTO: AL JAZEERA)

JAKARTA - Spiro Spathis, perusahaan minuman berkarbonasi tertua di Mesir, kembali mengalami kebangkitan yang sensasional.

Didirikan pada tahun 1920 oleh seorang peternak lebah Yunani dari Kefalonia yang menyandang namanya, “Spathis” telah menjadi bagian dari kehidupan generasi Mesir.

Kini, berkat kampanye nasional untuk memboikot produsen-produsen Barat yang mendukung Israel, merek berusia satu abad ini menyebabkan kehebohan sebagai contoh solidaritas Mesir terhadap Palestina.

Spiro Spathis, yang selalu bangga dengan perannya sebagai merek minuman ringan pertama di Mesir, meluncurkan slogan-slogan seperti “100% Buatan Mesir” dan “gazouza asli Mesir”, menggunakan istilah Mesir yang diperkirakan berasal dari bahasa Prancis “gazeuse” (berkarbonasi) dan banyak digunakan untuk menyebut minuman bersoda.

Lonjakan permintaan Spiro Spathis

“Saya sudah menjual minuman mereka selama empat tahun. Selalu ada beberapa konsumen yang lebih menyukai Spiro Spathis dibandingkan minuman lain, tapi tidak banyak,” kata Mohammed, pemilik toko kelontong di Provinsi Sharqia.

“Tetapi sekarang, botol-botol mereka langsung habis. Kalau sebelum boikot, saya jual empat, mungkin lima kotak Spiro Spathis dalam seminggu, sekarang saya bisa jual sebanyak 50 kotak dalam sehari kalau stok sebanyak itu,” lanjutnya seraya menambahkan bahwa lonjakan permintaan tersebut adalah "besar sekali".

“Permintaan meningkat tiga kali lipat selama sebulan terakhir,” Morcus Talaat, kepala pemasaran perusahaan dan salah satu dari tiga bersaudara pemilik perusahaan tersebut, mengatakan kepada Al Jazeera.

Talaat berbicara kepada Al Jazeera di sela-sela pertemuan berturut-turut di apartemen sederhana dengan dua kamar tidur di lantai dasar di lingkungan kelas atas Kairo tempat Sprio Spathis berkantor pusat.

“Kami telah menerima ratusan panggilan dari klien baru… tawaran dari restoran.”

Spiro Spathis telah melakukan upaya rekrutmen dan menerima lebih dari 15.000 pelamar untuk pekerjaan yang diiklankan guna memenuhi permintaan.

Di lingkungan Kota Nasr, Kairo, seorang pemilik kios mengatakan dia tidak mampu menyediakan cukup Spathis untuk memenuhi permintaan.

“Saya hanya menerima empat pengiriman dalam sebulan terakhir, dan terjual habis di hari yang sama. Sebelumnya, saham Spathis bertahan lebih lama.”

Alat yang populer untuk protes

Pengeboman dan invasi darat Israel yang tiada henti di Gaza, yang dimulai pada 7 Oktober 2023 dan sejauh ini telah menewaskan lebih dari 11.500 warga Palestina, telah memicu protes massal di seluruh dunia.

Hal ini juga menyebabkan banyak orang memboikot merek internasional seperti McDonald`s dan Starbucks.

Di Indonesia, konsumen mulai memboikot McDonald`s dan bisnis lainnya pada pertengahan Oktober setelah McDonald`s Israel mengumumkan di media sosial bahwa mereka telah membagikan ribuan makanan gratis kepada militer Israel selama perang di Gaza.

Pengumuman tersebut mendorong beberapa organisasi, termasuk Gerakan Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS), Front Persatuan Rakyat (FUB) dan Front Pembela Islam (FPI), menyerukan boikot terhadap McDonald`s dan bisnis lain yang dianggap pro-Israel termasuk Burger King.

Ketika pengunjuk rasa membanjiri jalan-jalan kota-kota besar di seluruh dunia, mulai dari Washington, DC, hingga London dan Cape Town, cabang-cabang restoran waralaba, kedai kopi, dan toko yang dulunya ramai di Dunia Arab sebagian besar kosong.

“Boikot adalah salah satu bentuk alat populer bagi masyarakat untuk membuat diri mereka didengar, dan merupakan cara paling ampuh untuk menekan negara-negara yang didorong oleh kolonialisme dan kapitalisme Barat,” kata Jamal Zahran, profesor ilmu politik di Universitas Suez.

“Memboikot produk-produk ini juga menciptakan peluang bagi produk lokal.”

`Apakah itu seekor lalat?`

Sejak awal perang, masyarakat Mesir telah menggunakan media sosial untuk bertukar informasi tentang merek mana yang dianggap mendukung Israel dan harus dihindari.

Beberapa aplikasi juga mencantumkan alternatif merek Barat, menyoroti produsen lokal dengan kualitas yang setara atau serupa.

“Apakah itu bersama kita atau tidak?” adalah pertanyaan yang sering ditanyakan pada postingan Meta tentang berbagai merek, saat orang meneliti merek mana yang harus menyerah.

Hasilnya adalah ditemukannya kembali produk pengganti lokal seperti Spiro Spathis, yang pernah menjadi satu-satunya produsen minuman soda di negara dengan populasi terbesar di dunia Arab.

Namun, ketika merek internasional lainnya memasuki pasar sekitar 70 tahun yang lalu, kemudian membanjiri pasar lokal, merek tersebut tersingkir.

Spiro Spathis bahkan menutup pintunya sama sekali pada tahun 2014, kata Talaat.

“Kami adalah generasi kedua orang Mesir yang memiliki perusahaan ini. Ayah kami membeli perusahaan tersebut pada tahun 1998 dan menjalankannya hingga dia meninggal pada tahun 2009. Pada tahun 2014, kami menutup Spiro Spathis, sebelum kembali lagi pada tahun 2019, dan sejak itu telah hadir di pasar setiap hari,” tambahnya.

Meskipun bukan satu-satunya perusahaan minuman soda lokal di Mesir, Spiro Spathis dipuji oleh banyak pengguna online di Mesir sebagai yang terbaik.

Trending di media sosial, sejarah dan logo perusahaan telah menarik perhatian dan menggugah rasa ingin tahu generasi muda yang belum mengenal merek tersebut.

“Mengapa ada lalat di logonya?” beberapa bertanya di media sosial.

Menurut Talaat, logo berusia seabad itu sebenarnya adalah seekor lebah, bukan lalat, yang menandai profesi asli sang pendiri sebagai peternak lebah di pulau Kefalonia, Yunani.

Pengguna media sosial pun bercanda tentang sulitnya menemukan soda Spiro Spathis karena meningkatnya permintaan dan terbatasnya pasokan.

“Saya mencoba menemukan diri saya sendiri, dan Spiro Spathis,” sindir salah satu pengguna Meta.

“Kami bekerja sepanjang waktu untuk memenuhi lonjakan permintaan,” kata Talaat.

“Sejak 7 Oktober, kami telah melaksanakan rencana ekspansi, pertumbuhan, dan distribusi selama satu tahun dalam periode satu bulan untuk memenuhi kebutuhan pasar.”

Selain melakukan ekspansi secara geografis, meningkatkan produksi delapan rasa dan merekrut tim untuk menanggapi masukan konsumen dan mengelola pesanan distributor, Talaat juga mengatakan perusahaan berencana menambahkan rasa cola baru yang diminta pelanggan untuk menggantikan cola yang diboikot di Mesir.

`Ini tidak bersifat sementara`

Sejak perang, pengguna media sosial Mesir telah memperhatikan penawaran dan diskon untuk produk-produk buatan Barat yang mereka tinggalkan.

Banyak juga yang terlibat dalam perdebatan daring mengenai efektivitas boikot yang menurut sebagian orang merugikan penghidupan para pekerja Mesir yang dipekerjakan oleh perusahaan waralaba.

Sahar Azazi (31), yang tinggal di Kairo, mengatakan memboikot merek adalah tindakan yang paling jelas untuk dilakukan.

“Setidaknya ini yang bisa kami lakukan untuk mendukung warga Palestina yang diserang, dan ini bukan tindakan sementara yang saya lakukan. Saya tidak akan makan atau minum sesuatu yang memungkinkan terjadinya pembunuhan terhadap orang Palestina yang tidak bersalah,” katanya, seraya menambahkan bahwa Spiro Spathis sebagai produk lokal sama baiknya dengan minuman yang tidak lagi ia konsumsi.

“Namun, alat-alat tersebut tidak lagi tersedia sejak boikot dimulai,” katanya.

Bagi Talaat, Spiro Spathis kembali berbisnis.

“Kami berencana untuk selalu hadir bagi konsumen Mesir, meskipun boikot tidak akan bertahan lama. Kami di sini untuk tinggal,” katanya. (*)

 

KEYWORD :

Israel Teroris Israel Mesir Spiro Spathis boikot Gaza Palestina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :