Rabu, 15/05/2024 04:15 WIB

Anggota DPR Minta Aplikasi Karirhub Kemenaker RI Lebih Ditingkatkan

Terkait aplikasi digital ketenagakerjaan, sebenarnya ini sesuatu yang baru buat masyarakat terutama di daerah-daerah, di dapil saya saja yang di DKI ini mereka masih banyak yang tidak tahu tentang ini. Jadi mereka baru tahu setelah kami sosialisasikan.

Anggota Komisi IX DPR RI Dian Istiqomah saat mengikuti rapat kerja Komisi IX DPR RI dengan Menteri Kesehatan, Ida Fauziyah di ruang rapat Komisi IX DPR RI, Senayan, Jakarta. Selasa (14/11). (Foto: Farhan/nr)

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi IX DPR RI Dian Istiqomah menilai aplikasi Karirhub yang diluncurkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan masih belum berjalan dengan baik. Dengan kata lain masih banyak kekurangan dalam pelaksanaannya.

“Terkait aplikasi digital ketenagakerjaan, sebenarnya ini sesuatu yang baru buat masyarakat terutama di daerah-daerah, di dapil saya saja yang di DKI ini mereka masih banyak yang tidak tahu tentang ini. Jadi mereka baru tahu setelah kami sosialisasikan,” ungkapnya dalam rapat kerja dengan Menteri Kesehatan, Ida Fauziyah di ruang rapat Komisi IX DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (14/11).

Dicontohkan Politikus PAN ini, tentang aplikasi Karirhub dari Kementerian Ketenagakerjaan yang ditujukan bagi para pencari kerja. Dalam beberapa kesempatan pihaknya mencoba mensosialisasikan tentang aplikasi tersebut untuk memudahkan dalam pencarian kerja. Sayangnya, aplikasi tersebut belum berjalan dengan baik.

Menurut dia, sedikit sekali masyarakat atau pencari kerja yang mendapatkan pekerjaan dari aplikasi tersebut. Alhasil tidak jarang pemilik daerah pemilihan DKI Jakarta III ini mendapat aduan dari masyarakat atau para pencari kerja yang tak kunjung mendapat pekerjaan lewat aplikasi karirhub milik Kemenaker RI tersebut.

“Memang ada yang mendapatkan pekerjaan dari situ, tapi sangat sedikit sekali, hanya sekian persen dibanding para pencari kerja yang mencoba mencari kerja lewat aplikasi tersebut. Padahal dibeberapa kesempatan kami selalu mensosialisasikan tentang aplikasih tersebut. Alhasil, telpon seluler saya tidak berhenti berdering selama 24 jam,” terangnya.

Oleh karena itu Dian berharap, selain untuk lebih mensosialisasikan tentang aplikasi karirhub tersebut melalui berbagai media, termasuk media sosial Kemenaker. Ia juga minta penatalaksanaan aplikasi tersebut dapat diperbaiki lagi.

Sehingga berbagai program yang dipaparkan oleh Menteri Ketenagakerjaan tersebut tidak hanya sekedar teori, namun dalam praktiknya juga bisa terlaksana dengan baik. Pada akhirnya, tujuan dari dibuatnya aplikasi tersebut untuk memudahkan para pencari kerja dalam mencari kerja bisa terwujud dengan baik.

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi IX Dian Istiqomah Karirhub Kementerian Ketenagakerjaan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :