Jum'at, 10/05/2024 02:06 WIB

Ini Bisnis Andi Narogong Versi Sang Kakak

Menurut Dedi, usaha itu dirintis kakaknya bersama keluarganya. Namun, Dedi tak memerinci kembali usaha yang dijalankan Andi Narogong.

tersangka proyek e-KTP, Andi Narogong

Jakarta - Dedi Priyono menyebut adiknya, Andi Agustinus alias Andi Narogong merupakan pengusaha yang menjalankan sejumlah unit bisnis. Salah satunya rekanan di Mabes Polri.

Hal itu diungkapkan Dedi saat bersaksi dalam sidang lanjutan perkara e-KTP dengan terdakwa Irman dan Sugiharto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (10/4/2017). Dedi menyampaikan hal tersebut setelah sebelumnya dicecar jaksa KPK.

Jaksa mengonfirmasi hal itu untuk menelisik asal muasal uang yang disebarkan Andi Narogong kepada para pejabat Kemendagri, Kemenkeu, dan anggota DPR terkait proyek e-KTP. Namun, Dedi tak merinci terkait apa rekanan di korps baju coklat tersebut.

"Adik saya usahanya itu rekanan Mabes Polri, punya SPBU, dan karaoke juga," ucap Dedi saat bersaksi.

Menurut Dedi, usaha itu dirintis kakaknya bersama keluarganya. Namun, Dedi tak memerinci kembali usaha yang dijalankan Andi Narogong.

Vidi Gunawan selaku adik Andi Narogong sebelumnya dalam persidangan mengakui bahwa kakaknya pengusaha konveksi. Andi Narogong sendiri kini telah berstatus tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP.

Dalam persidangan hakim juga sempat mengkonfirmasi kepada Dedi apa kepentingan Andi di proyek e-KTP. Itu dikonfirmasi dalam mendalami pengakuan Dedi yang menyebut dirinya pernah diminta mewakili adiknya di pertemuan Fatmawati untuk membahas proyek e-KTP. Terkait pertemuan di Fatmawati, Dedi mengaku kurang lebih enam kali menghadiri pertemuan tersebut.

Sebagai pengusaha, kata Dedi, tentu adiknya senang mendapatkan pekerjaan. Namun, jawaban Dedi tak membuat hakim puas.

Dedi kembali dikonfirmasi hal yang sama oleh hakim. Namun, Dedi menjawab diplomatis. Kendati kerap disuruh mewakili adiknya, kata Dedi, diirnya tak paham soal e-KTP. "Saya cuma mewakili beliau, saya bukan decision maker," tandas Dedi.

KEYWORD :

E-KTP Andi Narogong KPK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :