Minggu, 28/04/2024 22:24 WIB

ISTIGHOSAH KUBRO

Jutaan Nahdliyin Doakan Indonesia

Warga NU meneguhkan komitmennya terhadap keselamatan negara kesatuan Replublik Indonesia. NKRI, Pancasila, UUD 45, dan Bhinneka Tunggal Ika adalah sudah final.

Istighotsah Kubro NU di Sidorajo, Jawa Timur.

Sidoarjo - Jutaan warga nahdliyin mengikuti istighosah kubro di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (9/4). Istighosah sendiri digelar dalam rangka HUT NU ke 94 berdasarkan kalender hijriah. Acara istighosah bertemakan `Mengetuk Pintu Langit, Menggapai Nurulloh`. 

Acara ini dihadiri Rais Am Pengurus Besar NU KH Ma`ruf Amin, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, dan Ketua PWNU Jawa Timur KH Hasan Mutawakkil Alallah. Tampak hadir pula Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar.

Sembilan kiai besar Jatim juga hadir di antaranya: KH Anwar Mansur, KH Miftachul Akhyar, KH Tamim Romli, KH Nawawi Abdil Jalil, KH Khoil As`ad, KH Aza`im Ibrahimiy, KH Anwar Iskandar, KH Zainuddin Jazuli, dan KH Nurul Huda Jazuli.

"350 ribu dari PCNU-PCNU. Lalu ditambah badan otonom seperti Muslimat NU, Fatayat, Ansor dan lainnya. Kemudian ditambah warga umum Sidoarjo dan Surabaya. Bila ditotal jamaah istighosah kubro mencapai jutaan," kata Ketua Panitia Achsanul.

Polda Jatim dan Polresta Sidoarjo menurunkan 8000 personel untuk mengamankan acara.

Ketua PWNU Jawa Timur KH Hasan Mutawakil Alallah menyatakan warga nahdliyin berdoa bersama-sama untuk keselamatan, kesejahteraan dan kemakmuran bangsa Indonesia, dan kedaulatan bangsa ini di hadapan bangsa-bangsa yang lain.

"Semoga doa kyai dalam istighosah kubro yang dilaksanakan di gor Sidoarjo ini semoga bangsa kita ini diberikan keselamatan, kesejahteraan dan kemakmuran. Selain itu juga mudah-mudahan doa kyai semoga bencana sosial yang menimpa bangsa ini ada pintu keluar dan jalan keluarnya," katanya.

Sementara itu Wakil Ketua Rois Syuriah PWNU Jatim, KH Anwar Iskandar menambahkan, warga NU meneguhkan komitmennya terhadap keselamatan negara kesatuan Replublik Indonesia. Menurut warga NU, NKRI, Pancasila, UUD 45, dan Bhinneka Tunggal Ika adalah sudah final, negara ini negara bangsa, bukan negara agama.

"NKRI, Pancasila, UUD 45, dan Bhinneka Tunggal Ika adalah sudah final, negara ini negara bangsa bukan negara agama," ujarnya. 

Selain memadati dalam stadion, ribuan warga NU ini juga memenuhi area luar stadion. Meski duduk dengan alas tikar dan di bawah terik matahari, mereka tetap khusuk berdoa. 

Tak hanya para kiai, Istighosah Kubro juga dihadiri Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kapolda Jatim Irjen Pol Mahfud Arifin, Mensos Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

KEYWORD :

Istighosah kubro NU Jatim




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :